English English Indonesian Indonesian
oleh

Cegah TBC Sejak Dini dengan Bahan Alami

Setelah itu diblender hingga menjadi serbuk instan, Cara penggunaannya cukup diseduh dengan air hangat. “Kami bikin serbuk instan karena produk herbal nya bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama dan bahan-bahan produk herbal ini sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meluncurkan alat skrining tuberkulosis (TB) Portable X-Ray. Saat ini, baru ada 25 unit Portable X-Ray pendeteksi TBC yang akan disebarkan ke daerah-daerah yang tinggi kasus TBC-nya.

Diketahui bahwa Indonesia saat ini menempati posisi kedua kasus tertinggi TB di dunia setelah India. Indonesia mencatatkan 1.060.000 kasus baru dan 134.000 kematian setiap tahunnya atau setara dengan 15 kematian akibat TB setiap jam.

“Itu sebabnya kenapa pemerintah sekarang, sejak pandemi Covid-19, TBC ditangani secara agresif melakukan program surveilans untuk menemukan di mana saja,” ucap Budi kepada wartawan, Minggu 4 Agustus 2024.

Tim surveilans telah melakukan penemuan 500 ribuan kasus TB pada 2021, meningkat menjadi 700 ribuan kasus pada 2022, dan kembali meningkat menjadi 800 ribuan pada 2023.

“Diharapkan tahun ini 900 ribu kasus TBC ditemukan. Karena kalau kasus TBC ditemukan, bisa langsung diobati, cukup 4 sampai 6 bulan bisa sembuh,” ungkap Budi.

Menurut dia, pasien TBC tidak akan menularkan kalau sudah dikasih obat, sehingga diharapkan makin lama makin sedikit kasus TBC. Salah satu upaya untuk menemukan kasus TB pada masyarakat adalah dengan Portable X-Ray.
Salah satu daerah prioritas adalah Kota Bandung, Jawa Barat, yang memiliki angka kasus TB yang cukup signifikan.

News Feed