English English Indonesian Indonesian
oleh

Wartawan FAJAR Beri Penjelasan Pentingnya Kemampuan Menulis bagi Anggota SAR UNM

HARIAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Kemampuan menulis, membuat laporan hingga membuat rilis untuk bahan publikasi di media saat ini sangat penting. Terutama dalam menyampaikan kinerja sebuah organisasi atau lembaga.

Hal itu disampaikan wartawan FAJAR, M Nasrun Nur saat membawakan materi dalam Pelatihan Jurnalistik bagi pengurus dan anggota SAR UNM, di Gedung BT FEB, Kampus UNM Gunung Sari, Sabtu (3/5/24).

Secara umum dia menyampaikan bahwa sebenarnya banyak prestasi yang telah ditorehkan dan dilakukan anggota SAR UNM hingga saat ini. Namun belum terpublikasi maskimal di media massa.

“Karena mungkin dalam cara penulisan belum maksimal. Kalau kerangka menulis ini dipahami, rilis yang dikirim ke berbagai media saya yakin akan dimuat oleh media sebagai berita yang menarik,” kata Nasrun.

Dia mencontohkan berbagai kegiatan evakusi korban banjir, tanah longsor, korban tenggelam, kebakaran dan lainnya yang dilakukan personil SAR UNM, bersama tim SAR yang lain sebenarnya layak menjadi berita.

“Sebisa mungkin kru yang turun ke lapangan menyempatkan melakukan pengumpulan informasi awal sebagai bahan laporan dan publikasi setelah operasi atau proses evakuasi selesai,” kata Nasrun Nur yang juga mantan Ketua SAR UNM periode 2004-2005 ini.

Alumni S1 Teknik Otomotif UNM dan S2 Komunikasi di Universitas Fajar (UNIFA) ini menyampaikan harapannya ada personil SAR yang bisa menyiapkan bahan rilis untuk membantu publikasi kegiatan mereka.

Kepala Pusat Infokom SAR UNM, Wanda menyampaikan pelatihan ini diikuti pengurus dan anggota SAR UNM, terkait cara mengelola informasi awal dan cara pembuatan update info saat berada di lokasi operasi.

News Feed