English English Indonesian Indonesian
oleh

Ikuti Prosesi Mappaisseng Ale, PJ Bupati Luwu Muh Saleh Disemati Pin Kedatuan Luwu

Sementara itu, Cenning Luwu yang diwakili Maddika Bua Andi Syaifuddin Kaddiraja Opu To Sattia Raja memaparkan seluruh rangkaian acara dalam prosesi adat mappaisseng ale dan manggolo yang telah dilakukan Pj. Bupati Luwu.

“Terima kasih atas kesediaan Bupati Luwu beserta ibu dan seluruh jajarannya hadir di Kedatuan Luwu untuk bersilaturrahim,” ujarnya.

Adapun prosesi adat yang berlangsung diawali dengan ritual Ri Pallibu ri Lalebbata atau mengitari Istana 3 kali berlawanan arah jarum jam, kemudian Pj. Bupati Luwu turun dari kendaraan dijemput di Tabu-tabuan dilanjut dengan prosesi Ri Riwata Lawolo, Ri Paduppai Lellung, Ri Duppai Tari Padduppa, Ri Passesu’ri Manrawe Ri Pallejja’ri Tallettu’.

Tiba di tangga Istana dilangsungkan Ri Pattudu Umpa Sikati, Ri Pakurrusumanga: Ri Ampori Wonne’ Ulaweng, Ri Paccekke’/Ri Appiri. Selanjutnya naik dan masuk ke Salassae dengan dituntun Sanro Pallawolo’.

Pj. Bupati Luwu bersama Ketua Tim Penggerak PKK dituntun Ri Pallibu Ri Lamming Pulaweng atau mengelilingi Lamming sebanyak 3 kali yang selanjutnya Ri Pattudang Ri Tappere Ri olona Lamming Pulaweng.

Kemudian YM Cenning Luwu di dampingi Putri Beliau memasuki Balairung Salassae dan acara Mappaisseng Ale sekaligus Mangngolo dimulai.(shd)


Kirim dari Fast Notepad

News Feed