English English Indonesian Indonesian
oleh

Gerakan Tani Syarikat Islam Gelar Munas Ke-2 di Garut, Dakwah Ekonomi Wujudkan Petani Sejahtera

HARIAN.FAJAR.CO ID, MAKASSAR-Dengan mengusung tema “Menguatkan Dakwah Ekonomi, Mewujudkan Petani Sejahtera”, Gerakan Tani Syarikat Islam (Gertasi) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) pada 2-4 Agustus di Aula BLK Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sabtu (3/8/2024).

Kegiatan Munas dibuka secara langsung oleh Ketua Umum Gerakan Tani Syarikat Islam (Gertasi) Dr. Wahid Erawan. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh PLT Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pertanian Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi. serta seluruh pengurus di beberapa provinsi dan wilayah Indonesia.

Ketua Umum Gertasi Dr. Wahid Erawan. mengatakan, bahwa tujuan utamanya adalah mengumpulkan beberapa wilayah dan provinsi yang ada di Indonesia untuk menentukan strategi lima tahun kedepan.

“Ada Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan dilanjutkan dan akan melakukan strategi-strategi yang lainya, ada kekurangan-kekurangan lima tahun kebelakang,” kata Wahid Erawan usai pembukaan Munas kepada media, Sabtu (03/08/2024) siang.

Wahid Erawan juga mengatakan, bahwa Menguatkan Dakwah Ekonomi dan Mewujudkan Petani Sejahtera itu karena memang Kalo sekarang ini kebanyakan ke Ekonomi.

Kalo ekonominya lemah biasanya itu ibadahnya kurang kuat biasanya. Dengan ekonominya diperkuat melalui pertanian ini insyaallah. Tujuan kita adalah menyejahterakan petani bagaimana petani tersenyum diusahakan itu, berusaha sekali walaupun saat ini Gertasi memang belum ada apa-apanya, tapi akan berusaha akan ada apa-apanya,” ujarnya.

Sementara itu, PLT Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pertanian Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi. mengatakan, bahwa Munas ke 2 ini sebetulnya in line dengan program kementerian pertanian bagaimana memperdayakan petani untuk menyejahterakan dirinya termasuk teman-temanya.

“Sedangkan tugas pemerintah terutama kementerian pertanian adalah menyejahterakan petani, meningkatkan produksi dan menggenjot ekspor, nah ini juga ternyata Gerakan Tani Syarikat Islam juga memiliki tujuan yang sama,” ucapnya.

Oleh karena itu Menurut Dedi, Tentu ini harus dibangun kerjasama antara pemerintah dalam hal ini Kementerian pertanian dengan Gerakan Tani Syarikat Islam dan ini wakil-wakil dari seluruh pelosok tanah air, mereka akan melakukan musyawarah nasional dan pasti akan mengahasilkan berbagai rekomendasi-rekomendasi.

“Rekomendasinya tentu ini tidak akan lepas dari bagaimana pemberdayaan petani di lingkungan syarikat Islam ini bukan hanya dia mampu menghidupi dirinya sendiri tetapi juga mendukung pertanian nasional. Itu yang harus kita dukung semua,” pungkasnya. *

News Feed