English English Indonesian Indonesian
oleh

Gelar Pelatihan, Bawaslu Bone Harap Tingkatkan Validasi dan Akurasi Data Pemilih

BONE, FAJAR — Validasi dan akurasi data pemilih menjadi harga mati yang harus dijaga selama tahapan Pemilu 2024.

Makanya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) terus dilakukan. Salah satu upayanya lewat Pelatihan Pengawasan Tahapan Pemilihan Serentak 2024 bagi seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Bone.

Kegiatan ini mulai dihelat pada 31 Juli 2024 di Hotel Novena, Jl Jend Ahmad Yani. Ketua Bawaslu Bone, Alwi mengatakan, output dari kegiatan ini untuk memastikan para SDM yang ada di lapangan lebih kompeten, harapannya terjadi peningkatan kualitas pengawasan untuk memastikan pemilihan yang jujur, adil, dan transparan.

“Kami berkomitmen untuk menjaga integritas proses pemilihan, melalui pelatihan ini, kami berharap para pengawas dapat lebih siap dalam menghadapi tantangan dan dinamika yang mungkin terjadi selama proses pemilihan,” imbuh Alwi, Sabtu, 3 Agustus 2024.

Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Mardiana Rusli juga turut hadir dalam kesempatan tersebut. Mardiana menyampaikan fokus awal tahapan pengawasan dari Bawaslu adalah pada pemutakhiran data pemilih.

Makanya dibutuhkan SDM-SDM yang mumpuni untuk menjawab visi tersebut.

Jangan sampai ada warga negara yang tak mendapatkan haknya untuk memilih pada Pilkada November mendatang.

“Hal ini penting untuk memastikan validitas dan akurasi data pemilih, sehingga setiap warga negara yang berhak dapat menggunakan hak pilihnya tanpa hambatan,” tutup Mardiana.

Sementara itu kegiatan ini dihadiri langsung oleh seluruh Panwaslu Kecamatan di Bone. (an)

News Feed