English English Indonesian Indonesian
oleh

Istana Negara dan Lapangan IKN Sudah Siap Gelar Upacara HUT ke-79 RI

FAJAR,  JAKARTA–Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa Istana Negara dan Lapangan Upacara di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah siap digunakan sebagai venue upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

Hal itu ditegaskan Basuki dalam Konferensi Pers Bulan Kemerdekaan yang digelar di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta pada Kamis (1/8/2024).

Basuki menyatakan bahwa persiapan infrastruktur utama seperti tenda-tenda dan podium telah dimulai. Dan ia yakin semua bisa rampung sebelum 17 Agustus.

“Sekarang sudah mulai dipersiapkan tenda-tenda dan podium untuk upacara nantinya. Semua prasarana di istana sudah siap, sekarang sedang dilengkapi dengan loose furniture seperti meja, lukisan, dan lampu-lampu yang ditangani langsung oleh Kemensetneg. Diharapkan sebelum 17 Agustus sudah lengkap semua,” kata Basuki dikutip dari infopublik.id.

Selain Istana Negara, progres pembangunan Istana Garuda juga hampir selesai dengan tingkat penyelesaian mencapai 99 persen. Proses pemasangan dan pengisian loose furniture sedang dilakukan untuk mempercantik Istana Garuda.

Terkait konektivitas ke IKN saat upacara HUT ke-79 RI nanti, Basuki mengungkapkan bahwa terdapat dua jalur alternatif yang dapat digunakan oleh tamu undangan setelah mendarat di Bandara Sepinggan, Balikpapan. Jalur pertama adalah Jalan Tol Balikpapan-Samarinda exit gate Kangjoang, melalui Jalan Nasional Akses TPK Kariangau menuju Jembatan Pulau Balang hingga Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

News Feed