English English Indonesian Indonesian
oleh

Polda Siap Amankan Pilkada Serentak, Kerahkan 15 Ribu Personel di Semua Tahapan

FAJAR, MAKASSAR-Pengamanan Pilkada Serentak 2024 di Sulsel sudah siap. Sebanyak 15 ribu personel polisi bakal disiagakan. Kesiapan polisi melakukan pengamanan Pilkada Serentak sejalan dengan akan dimulainya Operasi Mantap Praja Pallawa oleh Polda Sulsel pada 1 Agustus 2024.

“Tanggal 1 Agustus kita sudah memulai Operasi Mantap Praja Pallawa 2024. Artinya secara resmi kita sudah memulai pengamanan tahapan-tahapan proses Pilkada,” ujar Kapolda Sulsel, Andi Rian R Djajadi, Selasa, 30 Juli 2024.

Terakit dengan kesiapan, Kapolda mengungkapkan bahwa semua sudah dikomunikasikan dengan seluruh stakeholder terkait lainnya. Mulai dari skema pengamanan hingga teknis pelaksanaanya.

“Terakhir tadi, dilaksanakan rapat koordinasi teknis bidang kesehatan. Kita juga melahirkan bidang kesehatan dari instansi samping, baik dari TNI maupun pemerintah,” ungkapnya.

“Dan Insya Allah dalam pelaksanaan operasi ini Polda Sulsel mempersiapkan kurang lebih 15 ribu personil untuk melaksanakan pengamanan pada seluruh tahapan Pilkada,” sambung dia.

Orang nomor satu di Polda Sulsel itu pun mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas agar tetap aman dan nyaman. Dengan begitu, semua aktivitas bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Kita sudah punya (pengalaman) sebelumnya, pada Pilpres dan Pileg, Sulsel alhamdulilah bisa berjalan dengan aman dan situasinya juga lancar, dan Sulsel masuk dalam salah satu daerah yang aman dalam pesta demokrasi ini,” imbuhnya.

Di sisi lain, mantan Kapolda Kalimantan Selatan ini menekankan bahwa Polri akan selalu senantiasa menjaga netralitasnya. Hal itu sebagaimana yang telah diatur dalam Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Saya kira UU, peraturan, ketentuan sudah banyak. Di situ menggariskan bahwa posisi Polri harus netral,” tekannya.

“Apabila ditemukan, jelas sanksinya ada. Dari disiplin, etika, sampai pidana,” tegas jenderal polisi dua bintang di pundaknya itu.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Kapolda, hampir seluruh Polres jajaran juga tengah melakukan persiapan pengamanan menyambut Pilkada Serentak 2024. Seperti yang dilakukan Polres Pelabuhan Makassar.

Polres Pelabuhan Makassar baru saja menggelar analisis dan evaluasi, serta rapat koordinasi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas. Itu dilakukan untuk menciptakan situasi yang aman, sejuk dan damai.

Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Restu Wijayanto dalam arahannya, mengajak seluruh personel untuk melibatkam semua berperan dalam menjaga situasi kamtibmas. Khususnya masyarakat.

“Tentunya ini bertujuan agar bisa saling bekerja sama dalam menciptakan Pilkada Serentak 2024 yang aman, sejuk dan damai khususnya di wilayah hukum Polres Pelabuhan Makassar,” ucapnya. (maj/*)

News Feed