English English Indonesian Indonesian
oleh

Kejati Gelar JMS di SMAN 7 Makassar

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyalahgunaan narkoba. Mulai dari faktor subversi yang dapat melemahkan kesadaran kewarnegaraan dan dapat mengancam integritas seseorang. Faktor ekonomi yang mendorong para pengedar untuk mendapatkan uang dalam jumlah banyak, dan faktor lingkungan sekitar.

Dia menegaskan bahwa bahaya penyalahgunaan narkoba bukan hanya berdampak buruk bagi kondisi tubuh (meracuni tubuh: menyebabkan muntah, mual, bahkan kematian), tetapi bisa juga mempengaruhi kualitas hidup (rasa takut yang berlebih serta ganguan kecemasan). Penyalahgunaan narkoba mengancam generasi bangsa hingga berdampak melemahkan ketahanan nasional.

“Dengan kegiatan penyuluhan hukum JMS SMAN 7 Makassar ini, bertujuan untuk memperkenalkan hukum sejak dini, menciptakan generasi muda yang melek akan hukum sehingga ke depannya mampu membentuk siswa-siswi yang sadar hukum, dan mampu sebagai corong hukum kepada masyarakat disekitarnya,” kata Soetarmi, Rabu, 18 Juli 2024.

Kepala SMAN 7 Makassar Muhammad Imran sangat merespons positif kegiatan yang dilakukan oleh jaksa pada Kejati Sulsel. Menurutnya, kegiatan ini harus senantiasa dilakukan karena pengaruhnya sangat besar kepada anak-anak peserta didik agar memahami mengenai hukum dan mengendalikan diri mereka serta menjauhi penyalahgunaan zat dan obat-obat terlarang sebab sanksi hukumnya sangat berat berupa pidana penjara dan ada juga hukuman denda. (edo)

News Feed