English English Indonesian Indonesian
oleh

Hasil Survei Selalu Teratas, Akademisi Sebut SAR Paling Aktif Turun Bermasyarakat

FAJAR, SIDRAP-Hasil survei Lokomotif Indonesia di Pilkada Sidrap periode April-Mei 2024 memunculkan nama Syahruddin Alrif (SAR) sangat tinggi dibandingkan bakal calon bupati Sidrap lainnya.

Survei ini memunculkan beberapa simulasi nama Kandidat. Mulai dari simulasi 5 nama kandidat, 3 nama hingga head to head yang memunculkan nama SAR memiliki survei paling tinggi yang diinginkan oleh masyarakat Sidrap menjadi Bupati.

Dalam simulasi 5 nama, masyarakat Sidrap inginkan Syaharuddin Alrif menjadi Bupati, dengan angka survei berada 85,88 persen, simulasi 3 nama calon yang dua kali dilakukan dengan nama berbeda yakni 88,75 persen dan 90,63 persen.

Selanjutnya, simulasi 2 nama atau head to head yang tiga kali dilakukan dengan tiga nama yang berbeda yakni, 90,63 persen, 90,00 persen, dan 92,23 persen.

Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Sidenreng (UMS) Rappang Prof Jamaluddin Ahmad merespons hasil survei tersebut. Menurut Rektor UMS Rappang ini, memang wajar jika hasil survei tersebut mengeluarkan nama SAR yang memperoleh survei tertinggi.

Prof Jamaluddin mengungkapkan bahwa sosok SAR memang aktif turun di tengah-tengah masyarakat. Bukan hanya menjelang Pilkada 2024. Namun memang gayanya dari dulu aktif bermasyarakat.

“Memang sudah aktif di masyarakat jadi artinya selama ini terjun langsung di tengah-tengah masyarakat sehingga memungkinkan saya yakin bahwa hasil survei itu memang tepat,” kata Rektor Universitas Muhammadiyah Parepare ini.

“Bukan hanya jika ada kegiatan reses tetapi biar kegiatan-kegiatan acara-acara keluarga ataukah acara-acara yang sifatnya yang dilaksanakan oleh masyarakat beliau selalu menyempatkan diri untuk hadir,” tambah Prof Jamaluddin.

Sehingga menurut Prof Jamaluddin memang wajar hasil survei SAR tinggi. Lewat kaca mata Prof Jamaluddin gaya SAR yang sangat aktif menyapa masyarakat menjadi salah satu faktor tingginya hasil survei yang didapatkan.

“Dia terjun langsung. Istilahnya modal sosial nya termasuk memang banyak lah di tengah-tengah masyarakat,” tuturnya.

Prof Jamaluddin menambahkan bahwa hasil survei menjadi salah satu pertimbangan dalam pemilihan kepala daerah. “Hasil survei itu hasil kajian ilmiah, metodologi nya pasti sudah hitung dengan baik,” katanya.

“Sehingga dengan demikian kita tentu harus melihat hasil survei kalau memang dilakukan dengan baik perhitungan menggunakan metode ilmiah, besar kemungkinan hasilnya tepat,” tambahnya.

Begini hasil lengkap hasil survei Lokomotif Indonesia;
Simulasi 5 nama

  1. Syaharuddin Alrif 85,88 persen
  2. Zulkifli Zain 4,63 persen
  3. Mahmud Yusuf 3,88 persen
  4. Mashur Bin Mohd 2,38 persen
  5. Muh Yusuf DM 0,00 persen
    RAHASIA 3,25 persen

Simulasi 3 nama

  1. Syahruddin Alrif 88,75 persen
  2. Zulkifli Zain 4,25 persen
  3. Mahmud Yusuf 2,75 persen
    RAHASIA 4,25 persen
  4. Syahruddin Alrif 90,63 persen
  5. Mahmud Yusuf 3,13 persen
  6. Mashur Bin Mohd 0,50 persen
    RAHASIA 5,75 persen

Simulasi 2 nama

  1. Syahruddin Alrif 90,63 persen
  2. Mashur Bin Mohd 3,38 persen
    RAHASIA 6,00 persen
  3. Syahruddin Alrif 90,00 persen
  4. Mahmud Yusuf 4,75 persen
    RAHASIA 5,25 persen
  5. Syahruddin Alrif 92,13 persen
  6. Muh Yusuf DM 0,38 persen
    RAHASIA 7,50 persen

News Feed