English English Indonesian Indonesian
oleh

Gerindra Bocorkan Kriteria Ketua DPRD Bone, Syam Nur Harap Figur Senior

HARIAN.FAJAR.CO.ID, BONE-Kursi Ketua DPRD hasil Pemilu 20424, saat ini dipegang Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra menginginkan agar kursi ketua dipegang figur senior.

Sekretaris DPC Gerindra Bone, Syam Nur, mengatakan bahwa hingga saat ini penentuan kursi ketua belum dilakukan. Namun, ia menekankan bahwa figur ketua ini harus mengutamakan kader yang telah lama berjuang dan memiliki pengalaman.

“Jadi ini bukan meremehkan anggota atau teman-teman yang baru, saya berharap kita tetap mengambil teman-teman yang sudah lama berjuang dan punya pengalaman,” jelasnya.

Dia menyebutkan bahwa ini merupakan bentuk penghargaan kepada mereka yang telah lama berjuang. Ada beberapa nama yang dinilai mumpuni dan cukup lama, seperti Bustanil dan Abdul Hamid yang telah menduduki kursi selama tiga periode.

Kemudian, ada figur Andi Purnamasari yang sudah menduduki kursi dua periode. Sehingga kemungkinan kursi ketua akan dipegang oleh salah satu dari ketiga figur ini. “Harapan saya ini bertiga, kalau bisa,” tambahnya.

Sementara itu, penentuan kursi ketua baru akan dilakukan setelah pelantikan anggota DPRD. Untuk kursi wakil ketua, Ketua DPC PKB Bone, Umardin, masih belum berkomentar banyak. Dia mengatakan tujuh anggota yang lolos ini akan mengikuti prosedur uji kelayakan.

Menurutnya, prosedur pemilihan wakil ketua akan tetap mengutamakan kelayakan dari masing-masing anggota, tanpa mengesampingkan senioritas. “Artinya direkomendasikan semua, tidak berdasarkan suara saja,” jelasnya.

Dia menegaskan bahwa kewenangan pemilihan pimpinan DPRD tetap berada di tangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP). “Jadi diuji dulu, belum ada yang mengerucut,” tandasnya. (an/*)

News Feed