English English Indonesian Indonesian
oleh

Andi Islamuddin Makin Intens Komunikasi dengan PDIP dan Gerindra

HARIAN.FAJAR.CO.ID, BONE-Bakal Calon (Balon) Bupati Bone, Andi Islamuddin, masih belum mengantongi rekomendasi partai. Hingga saat ini, belum ada pernyataan sikap dari partai, namun tim sukses (Timses) tetap optimis dapat mengumpulkan kursi yang cukup untuk berlaga pada Pilkada mendatang.

Juru Bicara (Jubir) Timses Andi Islamuddin, Azis Alkatiri, mengatakan bahwa pihaknya masih menargetkan dukungan dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Kendati Gerindra sebagai partai pemenang diisukan akan ikut ke kubu Andi Asman Sulaiman, menurutnya ini masih tentatif,” ujarnya. “Sampai saat ini, kita intens berkomunikasi dengan dua partai, PDIP dan Gerindra. Kami optimis, kami punya kendaraan cukup, sembilan kursi, untuk maju di Pilkada Bone,” imbuh Azis.

Azis menambahkan bahwa pihaknya tidak semata-mata hanya berpatokan pada dua partai tersebut. Jika perkembangan ke depan tidak sesuai harapan, timnya memiliki rencana cadangan. “Satu tim pemenangan tentu punya beberapa rencana, tapi kami tidak bisa publikasikan karena ini merupakan internal kami sebagai tim pemenang,” sambungnya.

Menurutnya, politik bersifat dinamis, apalagi masih ada beberapa partai lain yang belum mengajukan rekomendasinya, seperti Golkar, PKB, hingga PAN. “Kita tidak tahu, siapa tahu, PKB koalisi dengan PDIP, kan kursinya pas, atau partai lain. Bisa saja,” jelasnya.

Terkait wacana kotak kosong yang tengah bergulir, Azis mengatakan ini sah-sah saja, dan merupakan hak prerogatif partai untuk mengusung siapapun. “Cuma kami berharap, proses demokrasi di 2024 ini menghadirkan pilihan bagi masyarakat. Tentunya kalau bisa memilih, bukan kotak kosong,” jelasnya.

Sementara itu, sejauh ini baru satu partai yang melakukan deklarasi dukungan, yakni Partai Demokrat yang mengusung Andi Asman Sulaiman untuk Pilkada mendatang.

Beberapa partai juga disebut telah menyatakan sikap kendati belum melakukan deklarasi, seperti Nasdem yang sepakat mengusung Andi Asman. Kemudian PKS juga disebut telah legawa untuk mengusung Andi Akmal Pasluddin sebagai Balon Wakil Bupati mendampingi Andi Asman Sulaiman.

Sementara Golkar jauh-jauh hari telah menyatakan sikap mendukung Andi Rio Idris Padjalangi, kendati hingga saat ini usungan wakil dari Andi Rio juga belum diketahui.

DPC PDIP Bone mengaku keputusan pemilihan Balon Bupati ini akan dikembalikan ke pusat.

“Jika di tingkat DPC masih tidak berbeda, hanya mengusung Balon yang mengembalikan formulir. Sementara Islamuddin diketahui tidak mengembalikan formulir setelah mengambil di DPC,” jelas Sekretaris DPC PDIP Bone, Burhanuddin.

PKB sebagai pemegang kursi terbanyak setelah Gerindra juga masih belum menentukan sikap. Ketua DPD PKB Bone, Umardin, mengatakan akan menyerahkan hal ini ke pusat. “Kalau di DPC sudah selesai, jadi sekarang di DPP,” jelasnya. (an/*)

News Feed