English English Indonesian Indonesian
oleh

UT Makassar Bakal Terima 5.000 Maba Tanpa Tes

FAJAR, MAKASSAR— Jumlah pendaftar di Universitas Terbuka (UT) Makassar cukup membeludak. Mencapai 4.286 orang untuk empat fakultas. Tahun ini, UT menyiapkan 5.000 kuota untuk mahasiswa baru.

Meski demikian, tidak ada tes yang bagi mereka yang bakal diterima. Cukup melengkapi saja apa yang disyaratkan. Lalu dipilih secara berurutan yang lebih dahulu memasukkan berkas.

Sekadar diketahui, UT punya empat fakultas yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Sains dan Teknologi. Di dalamnya terdapat 39 program studi (prodi) yang terdiri dari 31 program sarjana, dua program diploma, enam Program Pascasarjana, dan tersedia juga Program Doktor.

Direktur UT Makassar, Prof Rahman Rahim menegaskan tidak ada tes penerimaan mahasiswa baru di UT untuk semua prodi. Namun kuota terbatas sehingga yang mendaftar lebih dahulu diutamakan dan pilih berkasnya. Syarat umumnya, kata dia, harus sudah menyelesaikan pendidikan SMA/sederajat yang dibuktikan dengan ijazah yang telah dilegalisir pihak sekolah.

Begitu juga bagi yang sudah bekerja, persyaratannya sama. Termasuk saat ini Prodi S-1 PGSD dan PGPAUD memberikan kesempatan kepada calon guru anak usia dini dan guru sekolah dasar lulusan SMA/sederajat, lulusan diploma 1/diploma 2/diploma 3/belum lulus diploma atau sarjana (jalur RPL) untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang tinggi.

Calon mahasiswa bisa mendaftar melalui jalur Program S1-PGSD & S1-PGPAUD
Prajabatan (Pre Service) Tanpa Surat Keterangan (SK) Mengajar

News Feed