English English Indonesian Indonesian
oleh

Dukcapil Bone Gencarkan Perekaman KTP Bagi Pemilih Pemula

HARIAN.FAJAR.CO.ID, BONE-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Bone mencatat bahwa potensi pemilih pemula mencapai 30.484 jiwa. Data ini diambil dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diserahkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Dukcapil Bone, Andi Saharuddin, mengatakan hingga Juli 2024, perekaman terhadap pemilih ini telah mencapai 40 persen. “Saat ini, perekaman sudah mencapai 40 persen dari 30 ribu potensi pemilih pemula tersebut,” ujar Saharuddin.

Ia menyebutkan, dalam proses perekaman ini cukup banyak hambatan yang dihadapi pihaknya, salah satu yang cukup signifikan adalah masalah jarak. Menurutnya, kondisi geografis di Bone serta luas wilayahnya membuat perekaman cukup sulit dilakukan di beberapa titik.

“Luas wilayah ini menjadi penghambat dalam memberikan pelayanan, ditambah lagi dengan perangkat yang terbatas, tentu ini menjadi kendala,” lanjutnya.

Proses perekaman masih terus berjalan, tidak dilakukan sekaligus melainkan melalui verifikasi terlebih dahulu. Ia menambahkan bahwa tidak semua yang terdata telah memiliki KTP secara langsung, beberapa hanya dicatat sebagai pemilih karena baru akan berusia 17 tahun mendekati waktu pemilihan. “Misalnya ada yang baru berusia 17 tahun pada bulan Oktober, tapi itu juga sudah masuk kategori wajib perekaman,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Bone, Kordiv Penyelenggaraan Zainal, mengatakan bahwa tahapan pencocokan dan penelitian (coklik) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) seharusnya sudah rampung pada 24 Juli lalu. Namun, masih dalam tahap evaluasi data sehingga penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) belum bisa dilakukan.

“Hingga hari ini, kami belum menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) maupun DPT karena data hasil kerja Pantarlih mulai 24 Juni hingga 24 Juli masih dalam evaluasi,” jelasnya.

Zainal memastikan akan ada perubahan mendasar dari DP4 setelah dilakukan pemutakhiran. Namun, untuk penetapan DPS dan DPT, pihaknya belum bisa memberikan rincian. “Kami belum bisa memastikan DPS dan DPT ini,” tandasnya. (an/*).

News Feed