English English Indonesian Indonesian
oleh

Ma’refat Institute Bahas Islam, Peran Pemuka Agama, dan Kerusakan Lingkungan

Kerusakan lingkungan merupakan akibat dari upaya manusia modern dalam memandang lingkungan alam sebagai tatanan realitas yang secara ontologis berdiri sendiri, terpisah dari lingkungan Ilahiah yang tanpa berkah pembebasan-Nya lingkungan menjadi sekarat dan mati.

Sejalan dengan itu, Karen Amstrong pun mengingatkan dalam buku Sacred Nature: Bagaimana Memulihkan Keakraban dengan Alam, “Al-Qur’an senantiasa menyeru umat Islam agar mereka selalu menyadari kasih sayang Tuhan di alam.

Dunia alami adalah epifani (tajalli) Ilahi yang tidak selalu dapat dipahami oleh cara berpikir biasa. Jadi, umat Islam harus melatih diri untuk melihat hal-hal di balik penampakan alam dan menyadari kekuatan Ilahi di dalamnya.

Mengakhiri percakapan akhir pekan tersebut, Prof Firdaus diminta perkenannya menutupnya dengan doa untuk menambah keberkahan diskusi yang telah dilakukan.

Acara REFORMING#13 kali ini, seperti biasa dihadiri oleh peserta dari berbagai kalangan, baik mahasiswa, dosen, aktivis lingkungan, dan juga pelaku usaha serta karyawan swasta. (*)

News Feed