English English Indonesian Indonesian
oleh

Koalisi Besar Yusuf-Tenri Liwang, Mitra-Irpan Terancam Terjegal di Pilkada Enrekang

HARIAN.FAJAR.CO.ID, ENREKANG-Tiga figur unggulan mulai muncul dalam Pilkada Enrekang. Partai politik sudah mulai mengarah untuk membentuk koalisi.

Tiga figur tersebut adalah Yusuf Ritangnga yang berpasangan dengan Andi Tenri Liwang La Tinro, Mitra Fakhruddin yang berpasangan dengan Mahmudin, serta Ketua DPD II Golkar Enrekang, Muh Irpan, yang berpotensi membentuk poros lainnya.

Syarat mengusung di Pilkada harus punya 6 kursi di legislatif dari 30 kursi anggota DPRD Enrekang. Hanya Partai Nasdem yang memenuhi syarat mengusung paslon tanpa koalisi yang memperoleh 9 kursi di Pileg 2024.

Yusuf-Tenri Liwang sendiri telah mendapatkan rekomendasi dari Partai Nasdem dan Partai Demokrat. Koalisi ini makin menguat setelah PKB dan PKS mengarahkan dukungan kepada kandidat ini.

“Pak Yusuf berpasangan dengan Andi Tenri Liwang La Tinro, yang merupakan seorang profesional dari kalangan pengusaha dan bukan kader partai,” kata Ketua Bappilu Nasdem Enrekang, Umar.

Umar menambahkan, pihaknya masih melakukan penjajakan koalisi dan membuka komunikasi dengan semua partai di Enrekang. “Kemarin, beliau (Yusuf Ritangnga) sudah mendaftar di Hanura, PKB, PKS, Demokrat, dan hampir semua partai. Jadi semua partai yang membuka pendaftaran, beliau mendaftar,” tambahnya.

Kepala BPOKK Demokrat Sulsel, Mohammad Aslan, mengatakan, Demokrat resmi mengusung pasangan Yusuf Ritangnga-Andi Tenri Liwang La Tinro. Pihaknya memiliki beberapa pertimbangan dalam mengusung pasangan tersebut, salah satunya adalah potensi besar untuk memenangkan Pilkada. Selain itu, calon wakil bupati Andi Tenri Liwang La Tinro merupakan anak dari La Tinro, mantan Bupati Enrekang dua periode dan saat ini anggota DPR RI yang terpilih kembali untuk periode 2024-2029. “H. Ucu juga dekat dan sering membantu petani di Enrekang,” ujarnya.

News Feed