English English Indonesian Indonesian
oleh

Jelang Penerimaan Maba 2024, Kemahasiswaan Unhas Gelar ToT Instruktur Balance

HARIAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menggelar Training of Trainer (ToT) untuk calon instruktur Basic Learning Skills Character, and Creativity (Balance), Senin 29 Juli 2024 di Baruga Prof Baharuddin Lopa, Fakultas Hukum.

Balance merupakan salah satu program penerimaan mahasiswa baru Universitas Hasanuddin. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu pintu masuk mahasiswa baru Unhas untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus.

Selain itu, Balance juga menjadi wadah bagi mahasiswa Unhas dalam mengembang karakter dan soft skills, sehingga dapat menjadi insan cendikia yang yang memiliki integritas, inovatif, katalitis, arif, dan berjiwa patriotik.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof drg Muhammad Ruslin, MKes PhD SpBM (K), Direktur Kemahasiswaan Abdullah Sanusi PhD, dan dosen yang tergabung dalam Pokja Balance.

Kegiatan ini diikuti 376 calon instruktur Balance yang merupakan dosen dari masing-masing fakultas yang ada di Unhas.

Mengawali kegiatan, Prof Ruslin memberikan arahan kepada peserta ToT yang kelak akan mendampingi mahasiswa baru dalam pelaksanaan Balance. Ia menekankan pentingnya penanaman karakter kepada mahasiswa baru melalui Balance.

“Lewat Balance ini kita mulai perlihatkan (kepada maba) seperti apa kehidupan di perguruan tinggi, disiplin, cara belajar, memperbaiki karakter dan lebih kreatif untuk kita persiapkan jadi sumber daya manusia unggul, yang bisa beradaptasi,” terangnya.

Pada kesempatan ini Prof Ruslin juga menyampaikan harapan di empat hari pelaksanaan Balance. Meskipun singkat, namun semoga mahasiswa baru bisa mengenal cara belajar di Unhas dan bisa lebih kreatif dengan banyaknya program Kemdikbudristek dan ajang kreativitas yang sudah disiapkan.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan Unhas, Abdullah Sanusi PhD menyampaikan Balance 2024 akan digelar selama empat pekan, mulai Agustus hingga September. Nantinya, mahasiswa baru akan diberikan materi oleh instruktur dengan masing-masing satu instruktur per kelas yang diisi 40-120 mahasiswa.

“Balance ini akan dilaksanakan luring di Kampus Tamalanrea, Gowa, Selayar, Soppeng, Barru dan Sidrap. Yang baru di Balance tahun ini adalah adanya dua materi tambahan yang akan diberikan ke peserta,” ujarnya.

Setelah pembukaan, instruktur mendapatkan pembekalan materi antara lain, Integritas Belajar, Materi Literasi Digital, Berpikir Logis dan Kritis, Berpikir Kreatif, hingga Materi Kepemimpinan Diri serta materi lainnya. (*/)

News Feed