English English Indonesian Indonesian
oleh

Inovasi Teknologi Tim Pengabdian ITB Nobel Indonesia Tingkatkan Mutu dan Produksi Abon Ikan dan Jabujabu di Kabupaten Barru

BARRU, FAJAR — Tim Pengabdian ITB Nobel Indonesia melakukan langkah nyata dalam meningkatkan mutu dan produksi abon ikan serta jabujabu khas Desa Madello, Kabupaten Barru, Minggu, 28 Juli 2024.

Kegiatan bertajuk “PKM Peningkatan Mutu dan Produksi Abon Ikan dan Jabujabu Konyanya Khas Desa Madello” sukses digelar dengan melibatkan para ahli dari berbagai disiplin ilmu.

Kegiatan ini dipimpin oleh Dr. Sri Prilmayanti Awaluddin, S.E., M.M, dari ITB Nobel Indonesia, dengan anggota tim pelaksana Rasdi, S.Pi., M.Si, juga dari ITB Nobel Indonesia, dan Apt. Fhahri Mubarak, S.Farm., M.Si, dari Universitas Al Marisah Madani.

Selain itu, dua mahasiswa jurusan Manajemen ITB Nobel Indonesia, Hera Nur Putri dan Achmad Haikal, turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Dalam acara ini, dilakukan demonstrasi penggunaan alat teknologi tepat guna seperti penggiling bumbu dan peniris abon. Demonstrasi ini disaksikan langsung oleh Ketua Mitra, Ibu Rahima, serta puluhan karyawan IKM Konynya.

Teknologi ini diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan yang selama ini dihadapi oleh perajin lokal, terutama dalam proses pengolahan dan produksi yang masih menggunakan metode manual.

“Kami berkomitmen untuk membantu masyarakat Desa Madello dengan memberikan solusi teknologi yang praktis dan efektif. Dengan alat yang lebih modern, proses produksi abon ikan dan jabujabu akan menjadi lebih efisien dan berkualitas tinggi,” kata Dr. Sri Prilmayanti Awaluddin.

“Pendampingan dan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas perajin lokal dalam mengolah produk mereka. Sehingga mampu bersaing di pasar yang lebih luas,” imbuh Rasdi, S.Pi., M.Si.

News Feed