English English Indonesian Indonesian
oleh

BBS Filmmaker Goes to School Dorong Kecintaan Guru dan Pelajar terhadap Film Nasional

HARIAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-Program Bincang Bincang Sinema (BBS) Filmmaker Goes to School, yang telah menjangkau 19 kota dengan 90 sekolah sejak tahun 2021, kini berlanjut ke Kota Malang, Jawa Timur. Malang menjadi kota keempat yang dikunjungi pada tahun 2024 setelah Ternate, Kendari, dan Singkawang.

Acara ini dihadiri Ibu Roro dari KemendikbudRistek Dit PMM, Aditya Gumay (Produser & Sutradara), Yan Widjaya (pengamat perfilman dan Ketua Umum dFI), serta AruL Muchsen (penggagas BBS Filmmaker Goes to School). Selama tiga hari, mulai Selasa hingga Kamis (30 Juli – 1 Agustus 2024), BBS akan mengunjungi MAN 1 & 2, SMM 5 Kepanjen, dan SMAN 3 Kota Malang. Program ini akan ditutup dengan pemutaran film “Kartolo- Numpak Terang Bulan” karya M. Ainun Ridho.

BBS telah menjadi mitra Dit. PMM selama tiga tahun terakhir, menjelajahi berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Makassar, Padang, Babel, Riau, Batam, Kendari, Ternate, Singkawang, dan Malang. Denpasar dan Semarang dijadwalkan akan dikunjungi pada akhir 2024. Program ini berfokus pada sosialisasi Film Nasional dan profesi dalam industri perfilman, memberikan pelajar banyak pilihan karier di bidang ini.

“Dalam konteks Merdeka Belajar, para pelajar harus punya banyak pilihan termasuk apa saja yang ada di industri perfilman. Dari sutradara, penulis skenario, produser, DOP atau penata kamera, artistik, dan masih banyak lagi lainnya,” ujar Ibu Roro dari KemendikbudRistek dengan penuh semangat.

Aditya Gumay, sutradara, produser, dan pimpinan Sanggar Ananda, mengapresiasi acara edukatif ini yang mampu menyosialisasikan seni peran dalam kurikulum sekolah. Ia berharap program ini semakin meningkatkan kecintaan guru dan pelajar terhadap film nasional.

News Feed