English English Indonesian Indonesian
oleh

Aplikasikan Ilmu Statistika untuk Kembangkan Potensi Desa

FAJAR, MAKASSAR – Himpunan Mahasiswa Prodi Statistika (HMPS) FMIPA UNM melakukan aksi aktualisasi peran dan pengabdian sebagai pelopor perubahan untuk Menciptakan asas kebermanfaatan bagi masyarakat. Aksi nyata ilmiah mahasiswa tersebut digelar sejak 19 Juli hingga 28 Juli 2024 di di Dusun Tuhoi, Desa Tabinjai, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa.

Para mahasiswa ini melakukan berbagai kegiatan dengan mengaplikasikan ilmu statistika yang dimilikinya dalam mengembangkan potensi desa yang ada di lokasi sasaran.

Ketua Panitia Kegiatan Dimas Putra Rachmawan mengatakan sasaran utama dari aksi yang mereka lakukan adalah masyarakat umum, terutama yang berada di Dusun tertinggal. Fokusnya adalah mengembangkan SDM dan infrastruktur, terutama dalam bidang pariwisata.

Antara lain; melakukan sensus menyeluruh, pembuatan bank data dan infografis, penyelenggaraan seminar dan workshop, pembentukan kelompok belajar, kegiatan baca tulis Al-Qur’an, gotong royong, pemanfaatan ruang seni, analisis data yang dibagikan kepada masyarakat, pengembangan potensi wisata, perlombaan, serta berbagai kegiatan lainnya seperti “Pujok mimpi anak tuhoi” dan “Dusun cinta statistika”.

“Kami mengadakan pelatihan bagi masyarakat tentang kebutuhan mereka, serta mengajak lembaga pemerintah, masyarakat, dan komunitas terkait untuk ikut berpartisipasi dalam meningkatkan potensi yang ada di lokasi sasaran,” tutur Dimas

Koordinator Seksi Publikasi dan Dokumentasi Kegiatan, Adinda Dzakirah Salsabila mengatakan sebulan sebelum berangkat ke lokasi, tim telah melakukan sensus penduduk untuk memahami kebutuhan dan aspirasi masyarakat. Hasil olahan sensus diserahkan kepada pihak desa.

News Feed