English English Indonesian Indonesian
oleh

Mengenal Aneka Mobil Listrik yang Mengaspal di Indonesia

MAKASSAR, FAJAR–Mobil listrik makin familiar. Meski belum masif, sudah hadir di jalan-jalan Indonesia.

Penggunaan mobil listrik atau kerap dikenal dengan electric vehicle (EV) kini bukan lagi hal baru. Meski belum banyak yang menggunakan atau memilikinya, keberadaan jenis mobil listrik di Indonesia sudah diketahui dengan baik.

Sejak 2022 yang lalu bahkan Toyota sudah mengeluarkan deretan mobil listrik dengan jenis Hybrid Electric Vehicle atau HEV seperti dilansir Auto2000.

Mobil HEV baru satu jenis mobil listrik yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Namun perlu diketahui bahwa nyatanya mobil listrik punya beragam jenis yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing pribadi.

Saat ini mobil listrik terbagi menjadi empat jenis berbeda yang sudah bisa dipilih oleh seluruh masyarakat Indonesia. Ada yang sepenuhnya menggunakan baterai dan motor listrik, tetapi ada juga yang masih memiliki mesin bensin.

Pertama, Hybrid Electric Vehicle (HEV). Ini jenis mobil yang menggabungkan mesin bensin atau diesel dengan motor listrik. Mobil hybrid ini dapat menggunakan sumber energi dari kedua mesin tersebut secara bergantian atau bahkan bersamaan.

Baterai yang tersedia digunakan untuk menyimpan energi yang dihasilkan saat mobil melakukan regenerative braking (pengisian ulang baterai saat mobil mengerem) atau saat mesin bensin atau diesel menghasilkan lebih banyak tenaga daripada yang dibutuhkan.

Jadi motor listrik akan menggunakan energi dari baterai untuk membantu menggerakkan mobil, sedangkan mesin bensin atau diesel digunakan untuk menghasilkan energi tambahan saat dibutuhkan.

News Feed