English English Indonesian Indonesian
oleh

Berdayakan Masyarakat Pulau, Mahasiswa Unhas Bentuk Desa Wisata di Kapoposang Pangkep

FAJAR, MAKASSAR-Mahasiswa Universitas Hasanuddin yang tergabung dalam unit kegiatan Fisheries Diving Club (FDC) ikut memberdayakan masyarakat Pulau Kapoposang, Kabupaten Pangkep, dengan mengoptimalkan potensi pariwisata setempat.

FDC merupakan unit kegiatan mahasiswa yang berada di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Kegiatan tersebut merupakan pengabdian masyarakat melalui Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa). Sebanyak 15 mahasiswa FIKP tergabung dalam program ini dan dibimbing oleh dosen Dr Nursinah Amir, SPi MP.

Pulau Kapoposang berada di Desa Mattiro Ujung, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep). Luas terumbu karang di Pulau Kapoposang 405.7 Ha dengan potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang melimpah. Terumbu karang dengan kondisi sangat baik dijumpai pada kedalaman 4-10 m dengan kisaran persentase tutupan karang hidup hingga 90 persen. Hal ini juga didukung dengan keanekaragaman biota yang berasosiasi dengan terumbu karang.

Ketua tim, Gracella, menjelaskan bahwa Pulau Kapoposang memiliki potensi wisata bahari sangat tinggi, namun potensi tersebut kurang dimanfaatkan dan dikelola secara optimal oleh masyarakat lokal. Hal tersebut dapat dilihat dari data profil desa yang menunjukkan profesi utama masyarakat lokal adalah nelayan.

Gracella yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan ini menjelaskan, FDC Unhas melalui program ini akan menjalankan sejumlah kegiatan pemberdayaan selama mengabdi di masyarakat. Tujuan besar dari kegiatan ini adalah Launching Desa Wisata.

News Feed