English English Indonesian Indonesian
oleh

Skandal Mata-mata Drone Olimpiade Paris 2024, Pelatih Kanada Bev Priestman Dicopot

FAJAR, PARIS–Komite Olimpiade Kanada mencopot pelatih tim sepak bola nasional wanita Kanada Bev Priestman dari tim Olimpiade Kanada.

Komite mengumumkan keputusannya pada hari Kamis waktu setempat. Priestman sudah diskors untuk pertandingan penyisihan grup pertama Kanada di Olimpiade melawan Selandia Baru, yang mereka menangkan dengan skor 2-1.

Sebelumnya, stafnya ketahuan menggunakan drone untuk memata-matai sesi latihan lawan mereka.

“Selama 24 jam terakhir, informasi tambahan menjadi perhatian kami mengenai penggunaan drone sebelumnya terhadap lawan, sebelum Olimpiade Paris 2024,” kata CEO & Sekretaris Jenderal Canada Soccer Kevin Blue dalam sebuah pernyataan dikutip CBS.

“Mengingat pengungkapan baru ini, Canada Soccer telah membuat keputusan untuk menskors pelatih kepala tim sepak bola nasional wanita Bev Priestman selama sisa Olimpiade Paris 2024, dan hingga selesainya tinjauan eksternal independen yang kami umumkan baru-baru ini,” lanjutnya.

TSN melaporkan bahwa tim sepak bola putra dan putri Kanada telah mengandalkan mata-mata selama bertahun-tahun, termasuk selama kampanye Kanada memenangkan medali emas Olimpiade 2021.

Timnas wanita Kanada akan dipimpin oleh asisten pelatih Andy Spence untuk sisa turnamen. Meskipun penangguhan yang diperpanjang ini bukan merupakan tanggapan langsung terhadap laporan tersebut, hal ini menunjukkan bahwa hal ini mungkin bukan hanya sekadar event yang ingin diselesaikan oleh Komite Olimpiade Kanada.

CBC melaporkan pada hari Kamis bahwa orang yang menjadi pusat skandal drone, Joseph Lombardi, juga merupakan direktur program pemuda nasional dengan Canada Soccer. (amr)

News Feed