English English Indonesian Indonesian
oleh

Pengusaha Tiga Negara Sepakati MoU Investasi Rp1,2 Triliun

FAJAR, MAKASSAR — Pengusaha dari tiga negara yakni Indonesia, Malaysia, dan Tiongkok, menyepakati kerja sama investasi lebih Rp1,2 triliun. Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU di Wisma Kalla, Jumat, 26 Juli 2024.

Kerja sama itu melibatkan PT Lontar Media Galadana (ARN Group) dari Indonesia, PT Muhibah Mitra Malindo (M3), dan Ahmad Fakhrurozzi bin Ibrahim Foundation dari Malaysia. Juga ada dari SSB Group yang mengklaim merupakan perwakilan dari Tiongkok.

Pimpinan ARN Group, Andi Rustam Novriadi, menjelaskan, acara ini merupakan kerja sama dari empat grup usaha dan 20 pengusaha. Kesepakatan investasi melibatkan Indonesia, Malaysia, dan Tiongkok. Kegiatan ini juga merupakan launching dan MoU terkait pertalian budaya dan kerabat Nusantara, serta penandatanganan kuasa khusus dan pengalihan atas penjualan objek media antik dan penyerahan hak obligasi.

Rustam mengklaim benda pusaka itulah yang menjadi objek obligasi, di mana delapan tahun lalu saja nilainya mencapai Rp502 miliar.

“Kerja sama dari pihak pengusaha Malaysia dan pengusaha Tiongkok, dengan model atau pola investasi,” kata Andi Rustam.

Lebih lanjut Andi Rustam menuturkan nilai investasi Rp1,2 triliun tersebut displit (terpisah). Nilainya besar karena terbagi di beberapa sektor, ada pertanian dan industri.

Salah satu realisasi kerja sama yang dalam waktu dekat direalisasikan ialah impor pupuk ke Indonesia. Besaran investasinya fantastis, mencapai Rp300 miliar. Hanya saja, kerja sama ini tentunya baru direalisasikan atas persetujuan pemerintah.

News Feed