English English Indonesian Indonesian
oleh

Elektabilitas di Pilkada Bone: Rio, Islamuddin, Yasir Bersaing di Tiga Besar Survei

Harian.fajar.co.id, BONE–Lembaga survei Lensa Indonesia Research and Consulting merilis hasil survei bakal calon Bupati Bone. Mereka memotret 10 kandidat yang terjaring di masyarakat.

Hasilnya, Andi Rio Idris Padjalangi memimpin dengan perolehan 22,8 persen. Kemudian disusul Andi Islamuddin 16,8 persen dan kader Gerindra Yasir Mahmud di angka 14,6 persen.

Selanjutnya, adik Mentan RI Asman Sulaiman meraih 12,6 persen, Akmal Pasluddin 10,8 persen, Andi Promal Pawi 2,5 persen, Andi Irwandi Natsir 2 persen, Syamsiar Khalid 1,3 persen, Andi Mangunsidi 0,5 persen, dan Ahmad Zainuddin 0,1 persen.

Direktur Lensa Indonesia Sugianto Pettanegara mengatakan, belum ada kandidat yang dipastikan aman. Sebab selisihnya cukup kecil, sehingga masih ada potensi saling tukar posisi pada survei berikutnya.

”Meskipun Pak Andi Rio ini unggul dari kandidat lainnya, tetapi posisinya belum aman. Itu karena perbedaan suaranya sangat tipis,” ujarnya, Rabu, 24 Juli.

Lebih lanjut dia mengatakan, pada Pilkada Bone kali ini, selain tingkat elektabilitas kandidat, persoalan lain yang menjadi tolok ukur adalah calon pendamping. ”Itu menentukan juga, makanya belum aman. Karena semua paket menentukan,” imbuhnya.

Selain memotret tingkat elektabilitas, Lensa Survei Indonesia juga memotret popularitas para kandidat. Dalam hal ini, Andi Rio justru tertinggal dari Andi Islamuddin.

Dalam hal popularitas, Islamuddin unggul dengan 99,1 persen. Sementara Andi Rio baru menyentuh angka 80,4 persen. Sedangkan Asman Sulaiman di urutan ketiga dengan perolehan 65 persen.

News Feed