English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen UNM Bekali Siswa SMA 13 Makassar Penulisan Karya Sastra

FAJAR, MAKASSAR-Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMA 13 Makassar, Jumat, 26 Juli 2024. Kegiatan yang bertajuk “Pelatihan Penulisan Karya Sastra di SMA 13 Makassar” ini merupakan bagian dari Program Kemitraan Masyarakat PNBP tahun 2024 yang diselenggarakan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPKM) UNM.

Acara ini menghadirkan tiga pemateri utama yaitu dosen Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia UNM, Aslan Abidin, bersama timnya, Ridwan, dan Filawati. Dalam pelatihan ini, mereka menekankan pentingnya literasi bagi para siswa.

Aslan Abidin, yang juga seorang penulis dan sastrawan, menyampaikan, kecakapan literasi sangat penting dalam kehidupan seseorang. Ia mengajak para siswa SMA untuk lebih giat membaca dan menulis karya sastra, karena melalui sastra, seseorang dapat mendapatkan pengetahuan tentang berbagai pengalaman manusia yang dapat membentuk jiwa dan pikiran yang lebih toleran dan intelektual.

Ridwan menambahkan, literasi baca-tulis, khususnya kemampuan membaca dan menulis karya sastra, adalah kapabilitas yang sangat dibutuhkan oleh generasi masa depan bangsa. Menurutnya, mempelajari sastra penting karena dapat membantu membentuk karakter peserta didik, memperluas wawasan dan pengetahuan di bidang bahasa dan sastra, serta memahami perkembangan karya sastra dari masa ke masa.

Sementara Filawati juga menegaskan bahwa mempelajari karya sastra tanpa diimbangi dengan kebiasaan membaca yang baik akan menyulitkan peserta didik dalam menulis, terutama puisi. Keterbatasan kosa kata dapat menghambat eksplorasi bahasa, imajinasi, dan kreativitas siswa dalam menulis puisi yang menarik dan berkualitas. Oleh karena itu, menurutnya, membaca adalah kunci utama bagi seseorang untuk mengenal dunia.

News Feed