English English Indonesian Indonesian
oleh

Real Madrid Klub Bola Pertama di Dunia yang Raih Pendapatan 1 Miliar Euro

FAJAR, MADRID–Real Madrid menjadi klub sepak bola pertama di dunia yang melaporkan pendapatan 1 miliar euro.

Berdasarkan laporan keuangan untuk 2023-24, raksasa La Liga itu menghasilkan pendapatan 1,073 miliar euro. Mereka mencatatkan kenaikan sebesar 27% dan total keuntungan sebesar 230 juta euro.

Laporan pendapatan itu tidak termasuk transfer pemain. Mereka juga mencatatkan keuntungan setelah pajak sebesar 16 juta euro, 32% lebih tinggi dibandingkan musim lalu.

“Ini adalah angka yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk klub sepak bola mana pun. Klub mempertahankan status keuangannya yang sehat dengan ekuitas bersih sebesar €574 juta,” kata Real Madrid dikutip dari First Post, Kamis (25/7/2024).

Menurut mereka, klub ibu kota itu terus melanjutkan tren keuntungannya dari tahun ke tahun sejak pergantian abad.

“Setiap lini bisnis mengalami pertumbuhan, kecuali hak siar, di mana pendapatan yang diterima dari LaLiga pada 2023-24 lebih rendah dibandingkan musim 2022-23,” ungkap Madrid.

Real Madrid menambahkan bahwa mereka berharap pendapatannya bisa tumbuh lebih besar lagi pada musim depan. Kehadiran Kylian Mbappe diharapkan memberi efek besar.

“Klub mengharapkan dorongan komersial ini untuk terus berlanjut dan tumbuh lebih kuat pada tahun keuangan 2024-25, didukung oleh manfaat terkait citra yang diperoleh dari komposisi skuat bermain dan kesuksesan olahraga, serta stadion yang direnovasi,” ujar Madrid.

Real Madrid dihargai $6,07 miliar oleh Forbes. Itu menempatkan mereka sebagai klub sepak bola paling berharga di dunia dan tim olahraga paling berharga ke-11 secara keseluruhan. (amr)

News Feed