English English Indonesian Indonesian
oleh

LP2M Unhas Sosialisasi Uji Pemanfaatan Alarm Buku KIA di Desa Tenrigangkae

MAKASSAR, FAJAR — Pengabdian masyarakat merupakan salah satu tridarma perguruan tinggi, selain pendidikan dan penelitian.

Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Kali ini menyasar Desa Tenrigangkae, Kabupaten Maros untuk melakukan pemberian materi, sosialisasi dan pemahaman yang merujuk satu topik yakni “Alarm Buku Kesehatan Ibu dan Anak”. Digelar, Rabu, 24 Juli 2024.

Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Tenrigangkae, Dr dr Martira Maddeppungeng, Sp.A(K), mengatakan ia bersama tim melakukan sosialisasi mengenai rencana pelaksanaan uji alarm buku KIA.

Kata dr Martira, ini panduan kader sebagai bentuk pengabdian masyarakat di Desa Tenrigangkae, Kabupaten Maros.

“Setiap orang tua mempunyai harapan untuk anak bertumbuh secara fisik, mental, emosi dan pandai,” tuturnya.

Sehingga kata dia, anak menjadi generasi penerus berkualitas yang akan datang Buku KIA. Pasalnya ini merupakan salah satu media untuk komunikasi antar keluarga, kader dan petugas kesehatan, sekaligus sebagai rekam medis untuk ibu dan anak.

“Dengan adanya buku KIA sangat dirahapkan warga memahami dan mempraktikkan dalam pemenuhan kebutuhan dasar anak,” ucapnya.

Misalnya imunisasi, cara memberikan rangsangan, pemberian ASI dan MPASI, serta mengenal tanda-tanda sakit pada anak sehingga cepat terdeteksi.

“Kader sangat berperan penting dalam pelaksanaan kegiatan posyandu setiap bulan. Dengan uji pemanfaatan alarm buku KIA ini diharapkan dapat meningkatkan cakupan kunjungan dan peningkatan kualitas kesehatan anak,” tuturnya.

News Feed