English English Indonesian Indonesian
oleh

Fadli Zon Senang Faksi-faksi Palestina Bersatu

FAJAR, JAKARTA–Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menyambut baik bersatunya masyarakat Palestina untuk memperjuangkan kemerdekaannya.

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan, perjuangan Palestina akan jauh lebih mudah apabila faksi-faksi bersatu.

Bersatunya faksi-faksi Palestina diinisiasi oleh pemerintah RRC (China). Mereka mempersatukan kekuatan-kekuatan yang ada di Palestina lewat Deklarasi Beijing.

“Nah dua kekuatan yang besar ini yaitu Fatah dan Hamas saya kira dengan mereka mempunyai kesepakatan yang akan memperkuat diplomasi dari Palestina sendiri,” ujar Fadli kepada wartawan usai diskusi Dialektika Demokrasi dengan tema ‘Peran Parlemen Indonesia Mendorong Kemerdekaan Palestina Pasca Putusan ICJ’ di Nusantara I DPR RI, Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Hamas dan Fatah beserta faksi-faksi lainnya menjalin rekonsiliasi dengan menandatangani perjanjian rekonsiliasi untuk mengakhiri persaingan politik selama beberapa dekade terakhir.

Pengumuman rekonsiliasi ini muncul di tengah agresi Israel di Gaza yang telah menewaskan lebih dari 39.000 warga Palestina sejak 7 Oktober tahun lalu. Hamas dan Fatah telah berselisih sejak pemilihan umum (pemilu) Palestina 2007 silam yang berdampak pada terbaginya Palestina pada dua otoritas.

Fadli juga menegaskan bahwa dengan adanya keputusan ICJ pada Israel, dirinya berharap itu menjadi sebuah tekanan internasional sehingga Israel seharusnya bisa mempertimbangkan hal tersebut.

“Kita berharap dengan tekanan internasional termasuk dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) harusnya Israel bisa mempertimbangkan ini karena kalau tidak mereka akan dikucilkan oleh dunia Meskipun sekarang pun mereka sudah dikucilkan oleh dunia,” jelas politisi yang juga Anggota Komisi I DPR RI ini.

News Feed