English English Indonesian Indonesian
oleh

Di Sidang IPPP, Jokowi Ingatkan Ancaman Perubahan Iklim dan Potensi Ekonomi Biru

FAJAR, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan tiga sektor penting yang perlu penanganan bersama berbagai negara di Kawasan Pasifik.

“Pertama terkait perubahan iklim. PBB (Persatuan Bangsa-bangsa) memperkirakan kenaikan permukaan air laut hingga 1 meter sampai tahun 2100 mendatang,” ujar Jokowi dalam sambutannya di acara Sidang Kedua Indonesia-Pacific Parliamentary Partnership (IPPP), Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Menurut Jokowi, itu merupakan ancaman besar bagi kawasan Pasifik. Makanya, diperlukan penguatan advokasi parlemen untuk memitigasi hal ini dengan adaptasi kebijakan, serta peningkatan kerjasama infrastruktur dan lingkungan.

Kedua terkait Ekonomi Biru. Sektor ini berpotensi besar dan bisa menjadi kekuatan Indonesia. Dimana Bank dunia menyebutkan sektor ini berpotensi menyumbang 10 persen PDB jika dikelola secara berkelanjutan. Sehingga menurut Jokowi diperlukan dorongan dari Parlemen untuk mengelola peningkatan konektivitas, konservasi sumberdaya laut.

Sektor Ketiga, terkait pengembangan SDM (sumber daya manusia). Pelatihan yang dilakukan secara inklusif termasuk bagi perempuan dan pemuda dalam penyusunan regulasi.

“Diplomasi parlemen diperlukan untuk mendorong kerjasama people to people, knowledge sharing yang mencakup seluruh lapisan masyarakat,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, Indonesia perlu mengembangkan kerja sama Pasifik dalam rangka memaksimalkan potensi yang ada, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui kemitraan parlemen ini mari kita perkuat semangat persaudaraan, rasa saling percaya, sikap saling menghormati termasuk penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Saya yakin melalui kolaborasi yang kuat kita bisa menjaga stabilitas serta dapat meningkatkan kemakmuran bagi masyarakat sekitar,” pungkasnya. (amr)

News Feed