English English Indonesian Indonesian
oleh

Tiga SMK PK di Sulsel Ikut Pelatihan Bahasa dan Budaya Jepang Selama 90 Hari

FAJAR, MAKASSAR—Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Yawata Edukasi Senter yang berstatus LPK Sending Organizer (SO), kembali menjadi pelaksana pelatihan bahasa dan budaya Jepang.

Kali ini kembali melakukan penyiapan magang siswa dan siswi keluar Negeri Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan (PK) . Diikuti oleh tiga SMK di Sulsel diantaranya SMKN 7 Selayar, SMKN 3 Sidrap dan SMKN 3 Pangkep.

Pelaksanaan pelatihan berlangsung selama 90 hari terhitung dari 23 juli -23 oktober 2024 dilaksanakan dengan sistem boarding ful.

Lalu jam belajar Senin-Jumat, mulai dari pukul 08:00-15:00 WITA. Lalu sabtu belajar penguatan skill dan Budaya Jepang.

Pimpinan LPK Yawata Education Center, Syarifuddin Tancyo mengatakan pelatihan selama 90 hari ini adalah persiapan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan (PK).

Ada tiga sekolah yang mengikuti pelatihan ini, yakni SMKN 7 Selayar mengirimkan 10 Siswa diantaranya 4 Wanita dan 6 Pria.

Lalu SMKN 3 Sidrap mengirimkan 10 Peserta diantaranya 4 wanita dan 6 Pria, lalu SMKN 3 Pangkep mengirimkan 10 peserta diantaranya 9 wanita dan 1 pria.

“Alhamdulillah pelaksanaan ini berjalan baik dengan sponsor kementrian pendidikan RI,” sekolah masing-masing,” tuturnya.

Syarifuddin Tancyo juga mengatakan jika pelatihan bahasa Jepang ini berlangsung selama 90 hari dengan menempatkan siswa tinggal di wisma atau di asramakan.

“Ini dibiayainpenuh oleh Kementerian, sehingga makanan mereka ditanggung selama 90 hari, menanggung buku-buku dan mengasuransikan siswa dengan presmi 1 tahun,”tuturnya.

News Feed