English English Indonesian Indonesian
oleh

UINAM Juara Umum Fossei Setelah Empat Tahun Penantian

FAJAR, MAKASSAR—Setelah empat tahun penantian, di lomba yang sama. Kini Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) kembali berhasil menyabet juara umum.

Kali ini pada Temu Ilmiah Region XII Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (Fossei) Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sulselbartra) serta Maluku di IAIN Ambon, 16 sampai dengan 18 Juli 2024.

Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Forum Kajian Ekonomi Syariah (Forkeis) UINAM meraih juara umum pada Temu Ilmiah Regional XII FoSSEI dengan 5 emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Salah Seorang Mahasiswa Fakultas Ekonomi Islam, Muhammad Hayat mengatakan mereka mempersembahkan mengenai inovasi tulisan akademik dan konseptual terkait Sharia Business Plan. 

“Jadi beberapa bisnis plan kedepan untuk anak muda kami dibuat konsep plannya. Sebut saja bisnis kedai kopi salah satunya,” tuturnya.

Hayat menjabarkan jika dalam tulisan ilmiahnya mereka ada Aset atau kekayaan bisnis yang perlu dijabarkan dalam bisnis plan. Jika menjalankan bisnis kedai kopi, sudah seharusnya memiliki sejumlah alat pembuat kopi. 

“Nah ini semua yang kami tuliskan. Lalu, semua kekayaan tersebut dijabarkan dalam nilai Rupiah,” ucapnya.

Mereka juga memikirkan rencana bisnis jangka pendek, menengah, dan panjang. Langkah ini memberikan semangat yang terus baru dalam pengembangan dan inovasi bisnis.

“Kami tulis sejumlah prediksi yang realistis dalam rencana masa depan dalam bisnis plan. Sehingga ini yang menjadi daya tarik tulisan kami,” tambahnya.

Direktur Eksekutif Forkeis UIN Alauddin Makassar, Rahmat Hidayat mengatakan UINAM juara umum setelah empat tahun penantian, terasa sangat spesial.

News Feed