English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen PNUP Latih Masyarakat Desa Nisombalia Kembangkan Sistem Informasi Penjualan Air Minum Bumdes

FAJAR, MAKASSAR— Tim Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Jurusan Akuntansi PNUP telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Hal tersebut sebagai bagian tri darma perguruan tinggi khususnya di desa mitra (binaan).

Kali ini di BUMDes Mitra Tani Nelayan Lestari di Desa Nisombalia, kecamatan Marusu kabupaten Maros. Kamis, 18 Juli lalu.

Tim PPDM terdiri dari 4 orang dosen yaitu Andi Gunawan (ketua), Nasir, Muh. Iskandar Sabang dan Harmiati Hatta, dibantu oleh 2 orang mahasiswa yaitu Muhaimin dan Safirah.

Ketua Tim PPDM Desa Nisombalia, Kecamatan Marusu Kabupaten Maros, Andi Gunawan mengatakan Fokus kegiatan PPDM adalah mengembangkan system informasi penjualan produk air minum dan air gallon milik BUMDes Mitra Tani Nelayan Lestari.

Selama ini kata dia, BUMDes milik Desa Nasombalia telah melaksanakan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS). Ini yang merupakan salah satu penghasil pendapatan terbesar bagi BUMDes.

“Adanya PAMSIMAS sangat bermanfaat dalam penyediaan air minum bagi masyarakat Desa Nisombalia yang terletak di pinggir pantai,” tuturnya.

Meskipun demikian belum adanya system informasi penjualan air minum telah menyebabkan tidak optimalnya manajemen PAMSIMAS khususnya terkait data penjualan dan piutang, penagihan dan pembayaran.

“Adanya system informasi penjualan air minum diharapkan dapat membantu manajemen BUMDes mengelola bisnisnya lebih baik,” ucapnya.

Kegiatan PPDM dilaksanakan di kantor Desa Nisombalia yang sekaligus juga merupakan lokasi kantor BUMDes.

News Feed