English English Indonesian Indonesian
oleh

PPP Dukung Danny Tarung ke Pilgub Sulsel

Harian.fajar.co.id, MAKASSAR-Satu per satu partai politik mulai menunjukkan arah dukungan mereka pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sulsel. Terbaru, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah mengeluarkan surat rekomendasi untuk Moh Ramdhan Pomanto untuk bertarung dalam Pilgub yang akan diadakan pada 27 November mendatang.

Dukungan dari partai politik menjadi salah satu hal yang terus dikejar oleh para kandidat calon Gubernur Sulsel. Maka dari itu, beberapa kandidat mulai bergerilya untuk mendapatkan dukungan tersebut.

Partai politik tidak serta merta memberikan rekomendasi, sebab ada beberapa pertimbangan yang dilihat sebelum mengeluarkan rekomendasi tersebut dan ada pula persyaratan yang mesti dipenuhi oleh kandidat untuk mendapatkan dukungan. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, baru saja mendapatkan surat rekomendasi dari PPP. Hal ini menjadi modal penting bagi Danny untuk bisa bertarung dalam Pilgub.

Ketua DPW PPP Sulsel, Imam Fauzan Amir Uskara, menyatakan bahwa PPP telah memberikan surat rekomendasi untuk Danny Pomanto.

“Sudah penyerahan rekomendasi surat tugas tadi malam di rumah Ketua Umum PPP, Pak Mardiono, kepada Pak Danny,” ucapnya pada Jumat, 19 Juli.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sejauh ini baru satu rekomendasi yang dikeluarkan oleh DPP PPP untuk kandidat calon Gubernur Sulsel.

“Sampai hari ini, untuk daerah Sulsel, entah itu calon Gubernur, calon Bupati/Wali Kota, surat tugas hanya satu,” katanya.

Ketua Fraksi PPP DPRD Sulsel ini mengatakan bahwa dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum meminta agar koalisi dengan partai lain dicukupkan. “Mencukupkan koalisi, mengingat masih membutuhkan 9 kursi untuk dapat mengusung,” ujarnya.

Dia optimis bahwa Danny mampu mencukupkan kursi yang didapat PPP sehingga secara otomatis akan diusung oleh PPP. “Kami sangat optimis beliau mampu menggenapkan jumlah koalisi dengan total 17 kursi,” terangnya.

Ia juga menyatakan bahwa pihaknya telah meminta kader untuk menggaungkan nama Danny Pomanto sebagai calon Gubernur Sulsel agar namanya dikenal oleh seluruh kalangan. “Kita sudah mulai memerintahkan kader partai untuk mensosialisasikan Pak Danny Pomanto,” ucapnya.

Bakal calon Gubernur Sulsel, Danny Pomanto, mengatakan bahwa setelah mendapatkan surat tugas dari PPP, dia juga diberikan pesan khusus oleh Ketua Umum PPP. “Beliau (Pak Mardiono) menyemangati terus berjuang dan jangan mengecewakan harapan masyarakat,” ucapnya.

Danny juga menyebutkan beberapa persyaratan yang diberikan oleh PPP kepadanya, di antaranya harus mencukupkan kursi dan mampu bertarung dalam Pilgub. “Ini baru surat tugas, karena B1.KWK keluar kalau sudah ada pasangannya. B1.KWK tidak mungkin muncul kalau tidak ada pasangannya,” tuturnya.

Terkait pemenuhan kursi menjadi 17 untuk mengusung, Danny optimis bisa mencapai hal tersebut. Ia mengklaim telah mendapatkan dukungan dari dua partai. “Kan sudah 2, Insyaallah satu lagi surat tugas kita akan dapat, kan yang lain nanti terakhir-terakhir. PPP dan PDIP, (kalau PDIP) foto saya tidak pernah diekspos, sudah lama sejak 2 bulan lalu, Hanura masih sementara,” terangnya.

Ia juga mengatakan bahwa tidak ada persyaratan khusus untuk berpasangan dengan kader PPP dalam Pilgub Sulsel. “Yang jelas pokoknya fight, yang penting menang,” katanya.

Danny juga berharap bisa diusung oleh Gerindra, dan ia melihat peluangnya besar. Komunikasi dengan KIM juga bagus, tapi dia akan memastikannya terlebih dahulu. “Peluang berpaket dengan AIA? Semua berpeluang karena kita juga belum ada paketnya. Kita menunggu keputusan partai-partai, kita menghormati keputusan partai yang akan bersikap pada Agustus,” ujarnya. (sae/*)

News Feed