English English Indonesian Indonesian
oleh

Microsoft Bermasalah, Penerbangan Dalam Negeri Terganggu

JAKARTA, FAJAR–Sejumlah maskapai sempat terdampak gangguan sistem Windows milik Microsoft. Karena itu Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta setiap maskapai untuk memiliki sistem cadangan.

Dengan begitu bila terjadinya gangguan sistem, pelayanan tidak akan terganggu. Budi menuturkan, gangguan sistem maskapai penerbangan semacam ini tidak hanya terjadi kali ini.

Sebelumnya, sempat terjadi gangguan sistem imigrasi ketika Pusat Data Nasional Sementara 2 (PDNS 2) diserang ransomware. ”Gangguan sistem PDNS 2 hampir sama,” tuturnya.

Keduanya gangguan itu membuat penumpukan antrean penumpang di bandara internasional. Sebab, pelayanan check in dilakukan secara manual. ”Pelayanan imigrasi itu manual juga saat itu,” terangnya kemarin di Jakarta.

Kondisi gangguan sistem itu perlu menjadi bahan evaluasi bagi setiap pemangku kepentingan, termasuk untuk maskapai penerbangan. Hal itu perlu untuk mengantisipasi gangguan terulang kembali. ”Kedepan harus dievaluasi,” terangnya.

Karena itu, lanjutnya, maskapai penerbangan perlu untuk melakukan sejumlah langkah antisipasi. Dia menuturkan, pengguna sistem atau maskapai ini perlu untuk menggunakan teknologi yang terbaik. ”Selain itu juga perlu memiliki backup,” ujarnya.

Backup itu berupa penggunaan sistem cadangan. Sehingga, saat sistem utama mengalami gangguan, maskapai bisa menggunakan sistem cadangan tersebut. ”Maskapai tidak bisa mengandalkan satu sistem saja,” tegasnya.

Dia mengatakan, gangguan sistem Windows tersebut terjadi di sebagian maskapai, seperti Citilink dan AirAsia. Karena maskapai tersebut menggunakan sistem yang terhubung secara global. ”Sempat satu hari itu harus manual semua,” ujarnya.

News Feed