English English Indonesian Indonesian
oleh

Kolaborasi Seniman Muda Pinrang dan Pas Podjok Cafe and Eatery Buat Pameran di Yogyakarta

FAJAR, YOGYAKARTA — Yogyakarta merupakan kota yang dikenal sebagai pusat seni dan budaya, kini menjadi saksi kegiatan Mini Solo Show yang bertajuk RESO, memamerkan karya dari Muh Iqbal (25).

Kegiatan ini merupakan pameran seni rupa, wujud dari kolaborasi antara seniman muda berbakat asal Pinrang, Sulsel, dengan Pas Podjok Cafe and Eatery.

Pameran ini berlangsung dari 20 Juli hingga 20 Oktober 2024, bertepatan dengan masa-masa “Lebaran Seni Rupa” di Yogyakarta.

Pameran ini turut didukung oleh Ikatan Pelajar Mahasiswa Pinrang (IPMAPI) Yogyakarta, menunjukkan solidaritas komunitas pelajar dan mahasiswa terhadap salah satu anggotanya yang sedang merintis karier di dunia seni rupa.

Pameran ini dibuka secara resmi oleh Lenny Ratnasari Weichert, founder dari Kersan Art Foundation.

Dalam sambutannya, Lenny menyatakan dukungannya terhadap gerakan seni yang diinisiasi oleh Muh Iqbal. “Pameran ini ialah bentuk nyata dari dedikasi Iqbal terhadap dunia seni rupa,” ujarnya.

Agim Gunawan, seorang penulis dalam pameran ini, juga turut mengungkapkan bahwa pameran ini merupakan salah satu langkah awal yang penting bagi Iqbal menuju Solo Exhibition.

“Sesuai dengan tajuk yang diangkat, yakni reso, ialah sebuah prinsip yang memiliki makna usaha atau kerja keras yang saat ini diimplementasikan oleh Iqbal untuk menuju ke solo exhibition,” ujar Agim.

Selaku pameris, Muh Iqbal dalam sambutannya, turut menyampaikan pesan kepada pemerintah daerah Pinrang mengenai pentingnya dukungan terhadap seniman lokal.

“Ruang-ruang seperti ini sangat diperlukan, agar seniman dapat memberikan kontribusi nyata bagi daerahnya,” tutur Mahasiswa Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

News Feed