English English Indonesian Indonesian
oleh

Akademisi Unifa Beberkan Alasan Elektabilitas AIA Memimpin Hasil Survei PKN

“Selain itu, ada sejumlah proyek lainnya di Sulsel yang secara konsisten diperjuangkan AIA di pusat. Dan masyarakat jelas paham bahwa sosok seperti AIA diperlukan untuk memimpin Sulsel,” tukasnya.

Survei PKN sendiri menggunakan sampel 1.067 responden, atau sekitar 0,16 persen dari total populasi pemilih. Responden tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Dalam pemilihan responden, peneliti menggunakan metode Simple Random Sampling (Sampel Acak Sederhana), di mana setiap pemilih memiliki peluang yang sama untuk terpilih sebagai bagian dari sampel. Metode ini memastikan bahwa hasil survei dapat merepresentasikan seluruh populasi dengan adil dan akurat.

Survei ini memiliki tingkat kepercayaan (Confidence Level) sebesar 95 persen. Tingkat kepercayaan menunjukkan probabilitas bahwa interval estimasi yang dihitung dari sampel mencakup parameter dari jumlah DPT 2024 Sulawesi Selatan.

Dengan tingkat kepercayaan ini, hasil survei diharapkan mencerminkan nilai sebenarnya dari populasi pemilih.

Selain itu, survei ini juga mencantumkan Margin of Error (MoE) sebesar ± 5 persen. Margin of Error merupakan rentang nilai di sekitar hasil survei yang mencakup nilai sebenarnya dari parameter populasi dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Dengan Margin of Error ini, hasil survei tetap berada dalam batas toleransi yang dapat diterima untuk analisis statistik. (sae)

News Feed