English English Indonesian Indonesian
oleh

Akademisi Unifa Beberkan Alasan Elektabilitas AIA Memimpin Hasil Survei PKN

FAJAR, MAKASSAR — Survei internal Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Sulsel menunjukkan Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) saat ini berada di posisi teratas kandidat calon gubernur untuk Pilgub Sulsel 2024.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan selama 3-9 Juni 2024, Andi Iwan memperoleh 14,71 persen suara responden.

Di urutan kedua, mantan wali kota Makassar dua periode sekaligus pengurus Golkar, Ilham Arief Sirajuddin yang mendapatkan 11,34 persen suara. Andi Sudirman Sulaiman yang akan jadi petahana di Pilgub Sulsel berada di posisi ketiga dengan 9,75 persen suara.

Disusul Wali Kota Makassar, Ramdhan Pomanto dengan 6,65 persen suara. Sementara Indah Putri Indriani melengkapi lima besar dengan 5,62 persen suara.

Hasil survei yang menempatkan AIA di posisi puncak ini tidak mengejutkan publik di mata akademisi Universitas Fajar (Unifa), Dr Natsar Desi.

Ada setidaknya tiga alasan mendasar di mata sosok yang akrab disapa Bang Aloq itu, sehingga AIA mampu memimpin di antara tokoh-tokoh yang selama ini diketahui publik akan betarung di Pilgub Sulsel.

Pertama, kerja-kerja politik dan sosialisi sudah dilakukan AIA sejak lama. Itu karena dia sudah tiga kali bertarung di pemilihan legislatif. Pada Pemilu 2014, 2019 dan 2024, AIA selalu mampu tembus ke Senayan.

Selain itu, sebagai persiapan bertarung di Pilgub Sulsel 2024 ini, AIA secara masif melakukan sosialisasi. Itu terbukti dengan baliho dan alat sosialisasi lainnya yang sudah menyebar di seluruh kabupaten/kota yang ada di Sulsel.

“Bahkan, atribut-atribut AIA bisa ditemukan di pelosok-pelosok terjauh di Sulsel,” ujar Bang Aloq, Minggu malam, 21 Juli 2024.

News Feed