English English Indonesian Indonesian
oleh

Ternyata Ada Rencana Serangan ISIS di Final Piala Eropa 2024, Digagalkan Beberapa Jam sebelum Kick-off

FAJAR, BERLIN–Polisi di Berlin dilaporkan berhasil menggagalkan rencana teror ISIS hanya beberapa jam sebelum kick-off pada pertandingan final Piala Eropa 2024 antara Inggris dan Spanyol di Olympiastadion

ISIS sebelumnya sempat mengancam akan menyerang perempat final Liga Champions musim ini. Makanya, penyelenggara maupun pasukan keamanan Jerman mengambil pendekatan yang lebih tinggi selama turnamen.

Menurut The Sun, mereka terpaksa bertindak hanya beberapa jam sebelum pertandingan dimulai, dan polisi menggerebek serangkaian alamat di kota terdekat, Potsdam. Petugas datang setelah muncul kekhawatiran akan potensi serangan yang akan terjadi di zona penggemar Inggris.

Tiga tersangka dilaporkan ditahan oleh pasukan khusus Jerman dalam serangkaian penggerebekan terkoordinasi pada Minggu lalu. Polisi menggeledah tiga alamat sambil mencari lima pria.

Kelima orang yang dicari polisi dikatakan sebagai pendukung ISIS dan telah ditempatkan di bawah pengawasan polisi Jerman.

Orang-orang tersebut diperiksa beberapa hari sebelum final dan ketiga tersangka telah dibebaskan untuk diselidiki. Polisi Jerman telah mengkonfirmasi operasi tersebut terjadi dan ada ancaman langsung.

“Rumah tiga pria digeledah di tiga alamat di Potsdam. Pasukan dari satuan tugas khusus dilibatkan dalam operasi tersebut. Langkah-langkah tersebut dilakukan sehubungan dengan ancaman langsung dari spektrum Islam,” kata mereka dalam sebuah pernyataan dikutip dari The Mirror.

Insiden ini terjadi ketika polisi di Prancis meningkatkan operasi keamanan mereka menjelang Olimpiade di Paris. Upacara pembukaan akan berlangsung Jumat depan dan ketua Olimpiade Tony Estanguet menegaskan akan ada operasi keamanan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang akan dilakukan.

News Feed