English English Indonesian Indonesian
oleh

PDIP tak Ingin Ada Calon Tunggal di Pilkada 2024

FAJAR, JAKARTA–PDI Perjuangan tak ingin ada calon tunggal di Pilkada 2024 ini. Partai pemenang pemilu 2024 itu akan menyiapkan lawan terbaik di daerah yang isu terkait calon tunggal kini menguat.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto secara khusus menyorot pilkada Sumatera Utara dan Jawa Timur.

Ia menyatakan, upaya agar hanya ada pasangan tunggal di pilkada Sumut dan Jatim tidak akan terjadi. Hasto menegaskan, PDIP bisa mencalonkan pasangan sendiri di Pilgub Sumut. Sementara di Jatim, komunikasi politik terus dilakukan agar PDIP bisa mengusung pasangan calon. Termasuk komunikasi bersama PKB.

“PDI Perjuangan di Sumut bisa mencalonkan sendiri. Di Jawa Timur kami juga sedang menyiapkan kerja sama politik, sehingga kotak kosong itu tidak akan terjadi untuk provinsi Jawa Timur dan Sumatra Utara. Karena ini juga mencerminkan aspirasi rakyat terhadap adanya alternatif-alternatif pemimpin,” kata Hasto di Jakarta, Sabtu (20/7) dikutip dari JawaPos.com.

Hasto memastikan, PDIP akan terus bergerak cepat menghadapi Pilkada Serentak 2024. Bahkan, pada Selasa (23/7), PDIP akan menggelar pelatihan tim kampanye pada batch ketiga.

Ditegaskan Hasto, lebih penting menyiapkan mesin partai untuk bekerja, lalu dilanjutkan figur calon kepala daerah sebagai prioritas berikutnya.

“Kami menunjukkan pergerakan mesin partai dalam perencanaan strategis untuk memenangkan pilkada berdasarkan kekuatan mesin partai yang menyatu dengan rakyat itu terus dilakukan,” jelas Hasto.

Sementara terkait Pilkada Jakarta, lanjut Hasto, pihaknya masih melakukan pengkajian. Ia mengaku nama-nama seperti Basuki Tjahaja Purnama, Anies Baswedan, Pramono Anung dan Andika Perkasa juga masuk bursa cagub.

News Feed