English English Indonesian Indonesian
oleh

Komunitas Guru Belajar Nusantara Hadirkan Kelas Pendidik untuk Berbagi Praktik Baik Dalam TPN XI di Sekolah Islam Athirah

FAJAR, MAKASSAR – Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) hadirkan kelas pendidik untuk berbagi praktik baik dalam Temu Pendidik Nusantara (TPN) XI yang merupakan kerjasama KGBN Kota Makassar dengan Yayasan Guru Belajar (YGB). Menampilkan pembicara-pembicara yang telah menyelesaikan misi guru dan misi karir guru di website resmi tpn.gurubelajar.org. Acara ini mengusung berbagai sesi berbagi yang penuh dengan inovasi dan solusi praktis untuk dunia pendidikan yang dilaksanakan di Sekolah Islam Athirah pada 14 Juli 2024.

Kelas Pendidik pertama, dipandu oleh guru Arief Permana, menghadirkan Taufiqurrahman, Guru SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru membawakan judul praktik baik “Penerapan Perilaku Disiplin Positif Kepada Siswa,” yang membahas pentingnya kesepakatan kelas untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman. Kemudian Muhammad Agus, SPd, Guru SD Negeri Pongtiku 1, dengan judul materi “Dari Resah Menjadi Rindu,” mengupas kolaborasi antara guru Penjas, Bahasa Indonesia, dan Seni untuk membangun keakraban siswa.

Ada juga Ayu Rezky Pratiwi, Guru SMPN 8 Makassar yang menjelaskan tentang kesepakatan kelas untuk disiplin positif, yang melibatkan siswa dalam menjaga ketertiban kelas. Lalu Ida Wahyuni, Guru SMPN 1 Makassar dengan judul “Guru Heboh: Trik Nakal Bikin Siswa Fokus 100 Persen,” yang menekankan penggunaan attention getter untuk menciptakan atmosfer kelas yang kondusif. Aan Kurniawan, SPd, MArs, Guru SMKN 2 Makassar menutup sesi dengan praktik baik berjudul “Mendisiplinkan Dengan Hati: Pendekatan Baru di Kelas,” yang fokus pada identifikasi penyebab stres dan emosi untuk mendukung pertumbuhan lingkungan belajar.

News Feed