English English Indonesian Indonesian
oleh

Budi Daya Ikan Nila dengan Sistem Biofloc di Panti Asuhan Yadi Maros

FAJAR, MAROS-Tim Binflok merupakan Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) dari Universitas Hasanuddin, yang diketuai oleh Nur Amelia Rahmayanti dengan anggota Puan Maharani, Inayah, dan Nur Faizah, serta didampingi oleh dosen pembimbing Dr. Marlina Achmad, S.Pi., M.Si.

Kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah budidaya ikan nila melalui penerapan sistem biofloc di Kampung Pacelle, Kecamatan Turikale, Kelurahan Raya, Kabupaten Maros, pada bulan Mei sampai dengan Juli 2024. Program pengabdian masyarakat ini berkontribusi terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan remaja Panti Asuhan Yadi Maros dalam melakukan budidaya ikan nila menggunakan teknologi biofloc, sehingga usaha mandiri dalam sektor perikanan dapat didirikan oleh panti asuhan.

Budidaya ikan nila menggunakan sistem biofloc memiliki keunggulan dalam menghemat pakan dan meminimalisir penggunaan air, sehingga dapat menurunkan biaya operasional budidaya. Floc terbentuk melalui pemanfaatan hasil metabolisme ikan dan sisa pakan, dengan bantuan kerja bakteri yang mengubah limbah budidaya menjadi protein yang dimakan kembali oleh ikan.

Program ini mengintegrasikan pemanfaatan kolam yang bersifat non-produktif di panti asuhan menjadi kolam produktif. Pemenuhan optimasi asupan gizi juga dilakukan sebagai upaya pengembangan kesehatan dan kesejahteraan anak panti asuhan, serta memproduksi pangan secara mandiri sehingga tidak bergantung pada donasi dari pihak luar.

Panti Asuhan Yadi masih bergantung pada donasi sehingga optimasi pemenuhan kebutuhan gizi belum terpenuhi. Panti Asuhan Yadi juga pernah melakukan budidaya ikan namun mengalami kegagalan akibat kurangnya keterampilan dan pengetahuan mengenai budidaya ikan. Maka dari itu, program pengabdian yang dilakukan memiliki tiga tujuan utama yaitu peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam budidaya ikan, menciptakan kemandirian ekonomi, serta optimasi gizi di Panti Asuhan Yadi Maros.

News Feed