English English Indonesian Indonesian
oleh

Unhas Segera Dirikan Magister Ketahanan Nasional, UI Siap Bekerja Sama

FAJAR, MAKASSAR-Kolaborasi menjadi agenda penting untuk maju dan berkembang. Hal ini menjadi catatan kebersamaan Unhas dan UI dalam kegiatan Studi Tiru Sekolah Pascasarjana Unhas ke Sekolah Kajian Strategis dan Global UI pada Kamis, 18 Juli 2024.

Kolaborasi untuk akselerasi pendirian Magister Ketahanan Nasional Unhas dilakukan dengan UI sebagai kampus tertua dalam mengembangkan Kajian Ketahanan Nasional.

Dalam sambutan penerimaannya, Direktur Sekolah Kajian Strategis dan Global UI, Athira Subroto, SE, M.M, M.Sc, Ph.D, menyampaikan kebahagiaan atas gerak cepat Unhas dalam merespons perkembangan dan menyesuaikan agenda serta kurikulum yang dapat bekerjasama untuk membantu kemajuan bangsa.

Indonesia yang majemuk menghadapi berbagai tantangan ketahanan nasional dengan kondisi geostrategis yang semakin dinamis. UI dengan pengalaman panjang menyatakan siap berkolaborasi dalam pengembangan program studi Ketahanan Nasional di Unhas. Sebagai langkah awal, UI memberikan sharing knowledge tentang kurikulum dan metode pembelajaran yang berjalan saat ini.

Dr. Margaretha Hanita, SH, MH, salah satu pakar Kajian Geostrategis UI dan tenaga profesional di LEMHANNAS, mengungkapkan bahwa Unhas, melalui Prof. Dr. Sukri Palutturi, Koordinator Narasumber Tim Task Force TANNAS UNHAS, telah menyampaikan banyak pertanyaan tertulis yang intinya menjadi harapan dan dukungan data pendirian Program Studi. Salah satu yang menarik dalam diskusi adalah metode rekrutmen mahasiswa dengan sistem CEP (Credit Earning Program) yang disampaikan oleh Wakil Dekan Sekolah Pascasarjana Unhas, Prof. Dr. Baharuddin, M.Arch.

News Feed