English English Indonesian Indonesian
oleh

Persib Kontra PSM: Adu Cerdik Dua Juru Taktik

MAKASSAR, FAJAR – Duo pelatih akan adu gengsi. Persib akan bersua PSM.

Laga pembuka Piala Presiden 2024 bakal mempertemukan dua pelatih kaliber Liga 1, Bojan Hodak dan Bernardo Tavares. Keduanya bakal adu cerdik saat memimpin tim masing-masing.

Keduanya sama-sama pelatih asing yang mempersembahkan trofi kepada tim masing-masing dalam dua musim terakhir. Tavares lebih dahulu merebut trofi Liga 1 bersama PSM Makassar musim 2022/2023, kemudian Bojan Hodak musim terbaru bersama Persib Bandung.

Jika melihat statistik kedua pelatiht musim lalu, Bojan jelas mendominasi. Pelatih asal Kroasia itu memimpin Persib dalam 33 laga dengan torehan 18 kemenangan, 12 hasil imbang, dan hanya tiga kali menelan kekalahan.

Di bawah racikannya, Persib Bandung sukses mengoleksi 65 gol dalam satu musim dan kebobolan 29 kali. Artinya Persib masih punya 36 surplus. Ini juga yang mengantarkan Bojan menjadi pelatih terbaik musim lalu.

Namun begitu, Bojan mengaku laga kontra PSM ini bukan ajang yang serius. Dia mengaku hanya akan menjadikan laga PSM sebagai momentum uji coba dan persiapan saja.

“Ini pertandingan pertama musim ini. Kami belum sepenuhnya siap, tetapi pemain perlahan mulai kembali. Tyronne sudah bergabung dan kemarin juga Gustavo, jadi kami sudah memiliki skuad penuh dalam latihan beberapa hari ke depan,” ujar Bojan, Kamis, 18 Juli.

Menurut Bojan, hal yang paling penting adalah memanfaatkan laga ini untuk memantau kesiapan tim. Ini juga kesempatan bagi para pemainnya memulihkan kondisi kebugaran setelah libur satu bulan penuh.

News Feed