English English Indonesian Indonesian
oleh

Abaikan Larangan Messi, Kini Skuat Argentina Terjerat Kasus Rasis Berat

FAJAR, BUENOS AIRES–Lionel Messi memperingatkan rekan setimnya di Argentina sebelum video yang menunjukkan Enzo Fernandez dan yang lainnya menyanyikan nyanyian yang digambarkan sebagai rasis dan transfobia direkam.

Akan tetapi, peringatan Messi kepada anggota skuat yang dipimpinnya diabaikan. Mereka bernyanyi untuk merayakan kemenangan Copa America 2024 dan kini video itu menjadi masalah besar.

Dikutip dari The Mirror, Lionel Messi mengeluarkan pemberitahuan tegas kepada rekan satu timnya di Argentina untuk berperilaku baik setelah kemenangan melawan Kolombia Senin lalu.

Kontroversi muncul karena video yang menunjukkan Enzo Fernandez dan anggota skuat Argentina lainnya menyanyikan nyanyian yang ditujukan kepada tim Prancis yang digambarkan sebagai rasis dan transfobia. Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) dan banyak pihak lainnya mengkritik tindakan para pemain Argentina tersebut.

Nyanyian yang dinyanyikan suporter Argentina saat Piala Dunia 2022 itu berisi kata-kata yang menghina timnas Prancis dan para pemainnya keturunan Afrika. Itu juga berisi kata-kata “mereka suka tidur dengan orang-orang trans” – diyakini ditujukan pada Kylian Mbappe dan dugaan hubungannya dengan model transgender Ines Rau.

Fernandez, gelandang bintang Chelsea di Liga Premier, memposting video tersebut di Instagram setelah kemenangan 1-0 Argentina atas Kolombia berkat gol Lautaro Martinez di menit ke-112.

Postingan tersebut langsung menuai kritik dari rekan setim Enzo di Chelsea, Wesley Fofana, yang mem-posting ulang dengan judul: “Sepakbola pada tahun 2024: rasisme tanpa hambatan.”

News Feed