English English Indonesian Indonesian
oleh

Tanggung Jawab Terhadap Lingkungan, Bosowa Corporindo Terapkan Inisiatif Bisnis Berkelanjutan

FAJAR, MAKASSAR—Bosowa Corporindo melakukan berbagai inisiatif bisnis berkelanjutan (sustainability business) sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan.

Mulai dari penggunaan limbah, daur ulang sampah hingga penghematan energi diterapkan di hampir semua lini bisnis Bosowa Corporindo.

Corporate Communication Bosowa Corporindo, Muliana Saokani mengatakan Bosowa merupakan salah satu entitas besar di Indonesia, khususnya di Timur Indonesia.

“Unit-unit bisnis Bosowa Corporindo tidak hanya fokus pada nilai ekonomi saja, tetapi juga keramahan terhadap lingkungan dan kebermanfaatan bagi masyarakat,” ucapnya.

Menurut Muliana, sedikitnya ada 4 langkah inisiatif Bosowa Corporindo dalam menjalankan bisnis berkelanjutan di sejumlah unit usahanya. Keempat inisiatif tersebut antara lain:

Penggunaan Fly Ash Bosowa Beton dimana
Industri semen menyumbang sekitar 7 persen kadar emisi CO2. Emisi ini dihasilkan dari pembakaran batu bara, bahan baku pembangkit listrik dominan yang digunakan industri semen di Indonesia.

Untuk memitigasi emisi tersebut, Bosowa Beton memanfaatkan 40 persen fly ash, residu atau limbah produksi PLTU sebagai campuran beton. Pemanfaatan limbah ini mampu meningkatkan meningkatkan daya tahan dan kemampuan kerja beton sekaligus mengurangi permeabilitas.

“Inisiatif ini selain mampu menekan angka emisi udara, juga sukses menghasilkan produk beton dengan kualitas lebih baik,” kata Muliana.

Lalu Penghematan Energi Menara Bosowa, yaitu
Bosowa berkomitmen terhadap penggunaan energi yang bertanggung jawab dengan menerapkan praktik hemat energi pada interval tertentu, khususnya di Menara Bosowa.

News Feed