English English Indonesian Indonesian
oleh

Saintek UINAM Bagi 2.000 Bibit Pohon dalam Kampus

FAJAR, MAKASSAR— Untuk mendukung ketahanan pangan dan kelestarian lingkungan, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) Universitas Islam Negeri Alauddin (UINAM) melakukan Gerakan Pemuda Tani Saintek. Mereka membagikan bibit tanaman ke seluruh civitas akademika kampus hijau tersebut.

Ketua Pemuda Tani Saintek UINAM, Ajid Al-Maarif, mengatakan mereka membagikan 1.000 bibit cabai, 500 bibit rambutan, dan 500 bibit durian kepada seluruh civitas akademika. Bibit ini kemudian di tanam di masing-masing fakultas dalam lingkup kampus UINAM.

Gerakan ini, kata dia, bertajuk “Dari Kampus Peradaban untuk Ketahanan Pangan dan Kelestarian Lingkungan”. “Hasilnya, kita akan lihat enam bulan ke depan. Sebab ini cara kami salah satunya menjaga alam tetap asri,” tuturnya.

Pembina Pemuda Tani Fakultas Saintek UINAM, Prof Dr Ir Muh. Basir Paly mengatakan distribusi bibit dari Fakultas Saintek, diikuti penanaman bersama di area fakultas. Kegiatan tersebut, kata dia, didukung penuh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sulawesi Selatan. Lalu benih ini juga di support dari Balai Perbenihan Tanaman Hutan Wilayah 2 Sulsel.

“Aksi ini diharapkan menginspirasi gerakan serupa di lingkungan kampus lain, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ketahanan pangan dan kelestarian alam,” tuturnya.(wis)


News Feed