English English Indonesian Indonesian
oleh

Messi-Ronaldo belum Siap Pensiun

FAJAR, FLORIDA—Di tengah gelombang pensiun pemain-pemain veteran, perhatian publik mengarah tajam ke dua superstar ikonik sepak bola; Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Dengan usia mereka saat ini, keputusan untuk gantung sepatu bisa mereka umumkan kapan pun.

Namun, pengumuman itu sepertinya tidak akan muncul dalam waktu dekat. Dua pemain terbaik dunia yang membuat sepak bola menjadi sangat digilai tersebut masih ingin bertahan dan melajutkan karier cemerlang mereka.

Messi yang Juni lalu sudah berusia 37 tahun dalam pernyataan terakhirnya sama sekali belum menyinggung rencana untuk melepas ban kapten Argentina. Ia bahkan mengumumkan ke penggemarnya untuk menunggu aksi-aksinya selanjutnya.

“Copa América telah berakhir dan hal pertama yang ingin saya lakukan adalah berterima kasih kepada semua orang atas pesan dan salamnya. Saya baik-baik saja, terima kasih Tuhan, dan saya harap saya dapat segera berada di lapangan lagi menikmati apa yang paling saya sukai,” katanya di situs AFA.

Trofi Copa America 2024 menjadi gelar ke-45 bagi La Pulga, julukan Messi di level klub dan internasional. Jumlah itu menjadikan Messi sebagai pesepakbola dengan gelar terbanyak. Dia mengungguli Dani Alves dengan trofi lebih banyak.

Cristiaano Ronaldo juga belum menunjukkan tanda-tanda akan segera pensiun. Kapten Portugal berusia 39 tahun itu tidak berkontribusi maksimal di EURO 2024  setelah Portugal dihentikan Prancis di babak delapan besar, namun ia masih punya ambisi besar.

Sebenarnya, Ronaldo sudah sempat mengonfirmasi bahwa Piala Eropa tahun ini akan menjadi yang terakhir.Akan tetapi, ia memberikan isyarat bahwa dirinya berharap untuk menjadi bagian dari skuat Portugal yang akan berjuang  untuk lolos ke Piala Dunia 2026.

News Feed