English English Indonesian Indonesian
oleh

Menangani Masalah Kesehatan Mental Pasien TB, Mahasiswa MSIB UNM Hadirkan Pusat Pendampingan Psikososial

FAJAR, MAKASSAR-Tim Mahasiswa dari Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) , Khadijah Faqih Kasmuddin dan Nabila Nurafifah telah menyelesaikan kegiatan Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) melalui program dari Kemendikbud yaitu Kampus Merdeka.

Kegiatan MSIB yang diikuti berlangsung di Yayasan Masyarakat Peduli Tuberkulosis (Yamali TB) Sulawesi Selatan, pada posisi divisi perencanaan dan pengembangan program. Kegiatan Magang ini berlangsung selama hampir 5 bulan pada (16/02-14/07).

Program MSIB ini merupakan wadah untuk memberi peluang kepada mahasiswa untuk bisa merasakan pengalaman kerja secara langsung. Dengan bimbingan dari mentor divisi perencanaan dan pengembangan program, mahasiswa mampu beradaptasi dengan cepat terhadap dunia kerja di Yamali TB dan memberikan kontribusi aktif bagi keberlangsungan program di Yamali TB.

Yamali TB sendiri merupakan yayasan yang bergerak di bidang kesehatan, khususnya dalam program percepatan eliminasi penyakit tuberkulosis di tahun 2030.

Dengan demikian, mahasiswa magang di Yamali TB juga secara otomatis berperan aktif memberikan kontribusi pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Pada divisi perencanaan dan pengembangan program, para mahasiswa magang diarahkan untuk membuat dan melaksanakan berbagai program inovatif untuk mencapai target eliminasi TBC di 2030.

Adapun salah satu bentuk kontribusi Mahasiswa Psikologi UNM pada program magang kali ini adalah memanfaatkan Rumah Singgah (Shelter) Pasien TB sebagai Pusat Pendampingan Psikososial bagi para pasien TB yang mengalami gangguan secara psikis selama masa pengobatan.

News Feed