English English Indonesian Indonesian
oleh

Lamine Yamal Kini Jadi Pemain Termahal Barcelona

FAJAR, BARCELONA—Performa hebat Lamine Yamal di level klub dan timnas Spanyol membuat harganya melambung. Pemain remaja yang baru saja merayakan ualng tahun ke-17-nya itu kini bahkan sudah menjadi pemain termahal Barcelona.

Berdasarkan data Transfermarkt, penyerang sayap kelahiran 13 Jul 2007 itu saat ini punya nilai pasar 90 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun.

Angka tersebut menempatkan Yamal di posisi ke-19 daftar pemain termahal dunia. Harga pasar Yamal sama seperti bintang muda Barcelona lainnya, Gavi.

Di posisi ketiga daftar pemain termahal Barcelona saat ini ada nama Pedri yang menempati peringkat 24 dunia. Gelandang serang 21 tahun itu berharga 80 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun.

Bek tangguh Uruguay, Ronald Araujo yang berharga 70 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun menjadi pemain termahal keempat Raksasa Catalan. Sementara Frenkie de Jong dengan harga sama ada di posisi kelima.

Yamal tahun ini mengejutkan dunia berkat penampilan fenomenalnya di Piala Eropa 2024. Bukan hanya menjadi pemain inti, ia juga mampu sosok vital Spanyol yang meraih jawara EURO berkat kemenangan 2-1 di final awal pekan lalu.

Sepanjang turnamen, Yamal mencetak satu gol dan memberikan empat assist. Jumlah itu menasbihkan remaja itu sebagai raja assist turnamen.

Untuk penampilan hebatnya di Jerman, Yamal terpilih sebagai pemain muda terbaik. Dan, ia mendapat begitu banyak pujian dari rekan setimnya dan juga para tokoh sepak bola dunia.

Bek veteran Spanyol, Jesús Navas menyebut Lamine Yamal sudah menunjukkan level yang sangat tinggi di Piala Eropa lalu. Makanya, ia percaya pemain Barcelona itu kelak akan menjadi salah satu pemain terhebat dunia.

News Feed