English English Indonesian Indonesian
oleh

Lagu Kebangsaan

Baru tiba dari New Zealand tepatnya Kota Aucland yang kata “orang” merupakan kota terindah di dunia. Mungkin ini benar, karena saya dan Tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unhas yang berjumlah 25 orang hanya berada di Kota Aucland  selama 7 hari untuk mengikuti World Choir Games  dan alhamdulillah dapat meraih kemenangan tertinggi yaitu Gold. Lagu Indonesia Raya kembali dikumandangkan oleh semua peserta dari 40 Negara. Jadi setiap pemenang yang mendapatkan Gold akan diperdengarkan lagu kebangsaannya, semua peserta yang berjumlah ribuan berdiri menghormati  dalam Spark Arena, Aucland Town Hall- Great Hall. 

Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya” bunyinya sebagai berikut : Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku, disanalah aku berdiri, jadi pandu ibuku.

Indonesia kebangsaanku, bangsa dan tanah airku, marilah kita berseru, Indonesia Bersatu.

Hiduplah tanahku, hiduplah negeriku. Bangsaku, rakyat ku , semuanya.

Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya untuk Indonesia raya.

Pada saat pemenangnya dari New York maka lagu kebangsaan Amerika Serikat berjudul “Star Spangled Banner”: artinya sebagai berikut:

Oh, bisakah kau lihat, di awal fajar,  Apa yang kita puji dengan bangga. Di akhir senja yang berkilauan, Garis – garis lebar dan bintang terang siapa, Melalui pertarungan berbahaya, di atas benteng yang kita saksikan Mengalir dengan begitu gagah ? Dan silau merah  roket,

Bom- bom yang meledak di udara, memberi bukti sepanjang malam Bahwa bendera kita masih ada . Oh katakanlah, apakah Panji berbintang berkilau itu masih melambai ke tanah orang bebas dan rumah orang pemberani?

News Feed